MOBILE SERVQUAL QUALITY KUALITAS PENGGUNA APLIKASI MOBILE JKN BPJS KESEHATAN
Indonesia
Abstrak
Penelitian ini akan menggunakan metode SERVQUAL untuk mengevaluasi kualitas layanan aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan. Aplikasi tersebut merupakan salah satu contoh transformasi digital BPJS yang memudahkan konsumen mengakses layanan kesehatan tanpa harus datang ke cabang. Studi tersebut menilai faktor kualitas layanan seperti keandalan, daya tanggap, keamanan, dan empati dengan melakukan survei terhadap 104 responden dari berbagai wilayah. Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna merasa puas terhadap layanan yang diberikan oleh aplikasi mobile JKN, meskipun terdapat beberapa keterbatasan seperti pembaruan aplikasi yang mempersulitnya. Hasil penelitian ini dapat menjadi landasan perbaikan kualitas layanan digital di BPJS Kesehatan ke depan.
Kata Kunci: Mobile Servqual Quality; Kualitas Pelayanan; Aplikasi Mobile JKN; BPJS Kesehatan; Kepuasaan Pengguna
Referensi
Mursyidah, L., & Choiriyah, I. U. (2020). Buku Ajar Manajemen Pelayanan Publik. Umsida Press, 1-112.
Jurnal
Abidin, Z., & Yacob, S. (2022). Kualitas Layanan Mobile Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Memilih Layanan Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Bpjs Kesehatan Kota Jambi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(5), 845-896.
Aditia Khafliyani, F. (2023). ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN SISTEM PENDAFTARAN ONLINE APLIKASI MOBILE JKN DI KANTOR BPJS WONOGIRI (Doctoral dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta).
Asikin, D. D., & Alam, C. (2024). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MOBILE JKN (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Mobile JKN di Kota Cimahi). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(01), 233-246.
Bahri, S., Amri, A., & Siregar, A. A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Aplikasi Mobile Jkn Bpjs Kesehatan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual). Industrial Engineering Journal, 11(2).
Fatimah, H. H. (2023). Implementasi Penggunaan Aplikasi Mobile JKN diI BPJS Kesehatan Kantor Cabang Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 25124-25130.
Febisatria, A., & Liliyan, A. (2024). Analisis persepsi konsumen terhadap penggunaan aplikasi Mobile JKN. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 384-394.
Firmana, I. C., Amalia, S. G., Syahputra, T. A., & Lutfiyana, N. (2023). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Aplikasi JKN Mobile Dengan Metode Servqual Di Klinik Beringin. STMIK ANTAR BANGSA: Jurnal Sistem Informasi, 12(1).
Huang, E. Y., Lin, S. W., & Fan, Y. C. (2015). MS-QUAL: Mobile service quality measurement. Electronic Commerce Research and Applications, 14(2), 126-142.
Ida Hayu, D. Kualitas Pelayanan Publik (Salah Satu Parameter Keberhasilan Otonomi Daerah).
Ihda Maulida Agustina, I. (2024). KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MOBILE JKN PADA PESERTA DI KANTOR BPJS KESEHATAN KABUPATEN SUKOHARJO (Doctoral dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta).
Kaeng, J., Mumu, S., & Chuanda, P. (2023). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MOBILE JKN BPJS KESEHATAN KANTOR CABANG MANADO. Management and Accounting Reseach, 2(2), 34-38.
Khotimah, N. (2022). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Layanan, dan Kualitas Informasi pada Aplikasi Mobile JKN Terhadap Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan Di Wilayah Jabodetabek. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 69-76.
Khusna, A., Ridwandono, D., & Pratama, A. (2021). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan penggunaan berkelanjutan aplikasi mobile JKN di kabupaten Sidoarjo. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi, 2(2), 152-161.
Lumi, W. M., Musak, R. A., Tumiwa, F. F., Waworuntu, M. Y., & Surya, W. S. (2024). Edukasi Tentang Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Pada Lansia Di Kelurahan Lahendong Wilayah Kerja Puskesmas Lansot. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 1-6.
Narmansyah, S., Rahmadani, S., Arifin, M. A., & Thaha, R. M. (2022). Analisis Pemanfaatan Sistem Informasi JKN Mobile Di Kota Makassar. Sehat Rakyat: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(3), 196-204.
Nihriroh, A. Z., Arifianto, D., & Zakiyyah, A. M. (2023). Analisis Kepuasan Peserta Terhadap Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Impotance Performance Analysis. Jurnal Smart Teknologi, 4(2), 184-191.
Nurhidayah, N., Purba, Q. K., Sitorus, R. N. B., & Gurning, F. P. (2024). Analisis Tingkat Pengetahuan dalam Pemanfaatan Layanan Mobile JKN. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1022-1027.
Rizqulloh, L., Widyaningrum, B. N., & Anggraynie, R. D. (2023). Penyebaran Informasi Kesehatan Mengenai Penggunaan Mobile JKN Pada Remaja Di Kota Semarang. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 143-148.
Sari, D., Hirdanti, D., Nasution, N. S., & Gurning, F. P. (2024). Syistematic literatur riview: analisis manfaat digital mobile JKN DALAM pembiayaan kesehatan. ZAHRA: Journal Of Health And Medical Research, 4(1), 1-9.
Saryoko, A., Hendri, H., & Sukmana, S. H. (2019). Pengukuran Layanan Pada Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 21(2), 157-166.
Solihah, M. N., & Meisari, W. A. (2024). Gambaran Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN Dengan Metode Analisis E-Servqual. Termometer: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan dan Kedokteran, 2(3), 161-174.
Ulkhaq, M. M., Widodo, A. K., Widhiyaningrum, W., Yulianto, M. F. A., & Gracia, M. O. (2019, June). An integrated MS-QUAL and importance-performance analysis approach for assessing service quality of mobile commerce application. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2114, No. 1). AIP Publishing.
Wardiah, R., Izhar, M. D., & Lanita, U. (2022). Studi Efektivitas Aplikasi Mobile Jkn Pada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Kota Jambi. Jurnal Endurance, 7(3), 607-614.
Artikel
Hari Kesehatan Dunia 2024, layanan JKN meningkat 606,7 juta tahun 2023. (2024, April 8). Retrieved from antaranews.com: https://www.antaranews.com/berita/4050168/hari-kesehatan-dunia-2024-layanan-jkn-meningkat-6067-juta-tahun-2023
Soo, F. (2024, Agustus 9). Hingga Agustus 2024, Peserta JKN-KIS Capai 275 Juta Lebih. Retrieved from rri.co.id: https://www.rri.co.id/nasional/889988/hingga-agustus-2024-peserta-jkn-kis-capai-275-juta-lebih