GENERASI Z BIJAK BERSOSIAL MEDIA DI DESA KALIWIRO WONOSOBO: UPAYA PENINGKATAN LITERASI DIGITAL DAN KESADARAN BERETIKA

  • Khayu Rohmi Universitas Jenderal Soedirman
  • Ranjani Ranjani Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penggunaan media sosial di kalangan Generasi Z telah menjadi fenomena yang tak terhindarkan, termasuk di lingkungan pedesaan seperti Desa Kaliwiro, Wonosobo. Meskipun menawarkan berbagai manfaat, kurangnya pemahaman yang mendalam mengenai literasi digital dan etika bermedia sosial dapat menimbulkan dampak negatif. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan Generasi Z di Desa Kaliwiro dalam memanfaatkan media sosial secara bijak dan bertanggung jawab. Melalui serangkaian kegiatan edukatif dan partisipatif, program ini berfokus pada peningkatan pemahaman tentang jejak digital, verifikasi informasi, etika komunikasi daring, serta potensi risiko dan manfaat media sosial. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta mengenai pentingnya bersikap bijak dalam berinteraksi di dunia maya. Program ini diharapkan dapat menjadi model pemberdayaan masyarakat dalam menghadapi tantangan era digital, khususnya bagi generasi muda di wilayah pedesaan.

References

Bappenas. (2020). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.
Frau-Meigs, D., et al. (2021). Digital Literacy Education for Responsible Digital Citizenship. Routledge.
Helsper, E. J. (2022). “A Socio-Digital Ecology Approach to Understanding Digital Literacy.” New Media & Society, 24(3), 623-641.
Kominfo. (2022). Laporan Penanganan Hoaks dan Disinformasi di Indonesia.
Livingstone, S., et al. (2017). Children’s Online Risks and Opportunities: Comparative Findings from EU Kids Online.
Livingstone, S., et al. (2021). “Children’s Rights in the Digital Age: A Global Perspective.” International Journal of Communication, 15, 1205-1225.
Pew Research Center. (2023). Social Media Use in 2023: Demographics and Trends.
Puspitasari, L., & Ishii, K. (2019). Digital Divide and Digital Literacy in Southeast Asia.
Ragnedda, M., & Muschert, G. W. (2021). The Digital Divide: The Internet and Social Inequality in International Perspective. Routledge.
Turner, A. (2020). “Generation Z: Technology and Social Media Use.” Journal of Youth Studies, 23(5), 560-576.
Twenge, J. M., et al. (2018). Increases in Depressive Symptoms Among U.S. Adolescents After 2012.
Twenge, J. M., et al. (2020). “Trends in Mental Health Among Gen Z: The Role of Social Media.” Clinical Psychological Science, 8(4), 686-701.
We Are Social & Hootsuite. (2023). Digital Report Indonesia.
Published
2025-04-27
How to Cite
ROHMI, Khayu; RANJANI, Ranjani. GENERASI Z BIJAK BERSOSIAL MEDIA DI DESA KALIWIRO WONOSOBO: UPAYA PENINGKATAN LITERASI DIGITAL DAN KESADARAN BERETIKA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Administrasi Publik (APdimas), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 9-15, apr. 2025. ISSN 3064-2272. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jpm/article/view/15804>. Date accessed: 28 apr. 2025.