Pengembangan Modul Cetak Menulis Hanzi Terintegrasi Website Untuk Melatih Kemampuan Menulis Hanzi Siswa Bahasa Mandarin Sma Islam Almaarif

  • Nurul Izzah Universitas Negeri Malang
  • Dudy Syafruddin
  • Sunarti Sunarti

Abstract

Penulisan hanzi merupakan salah satu materi yang sulit dipelajari pada keterampilan berbahasa Mandarin. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung siswa sering kali mengalami kesulitan dalam menulis hanzi. Hal tersebut disebabkan oleh masih kurangnya pemanfaatan media yang dapat melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu diperlukan pengembangan media yang menunjang pembelajar menulis hanzi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengukur kelayakan dari media pembelajaran modul cetak menulis hanzi terintegrasi website. Pengembangan media ini menggunakan model ADDIE. Data yang digunakan yaitu data campuran (mixed) berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif digunakan untuk mengetahui kelayakan dari ahli media, ahli materi dan siswa. Data kualitatif digunakan untuk mengetahui jawaban dari guru bahasa Mandarin. Hasil yang diperoleh yakni media modul cetak menulis hanzi terintegrasi website ‘sangat layak’ untuk digunakan dalam pembelajaran menulis Hanzi. Hal tersebut berdasarkan pada penilaian ahli media yang memperoleh hasil  persentase sebesar 94%, dan ahli materi sebesar 97% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba produk yang dilakukan kepada 11 siswa yakni memperoleh hasil persentase sebesar dengan kriteria sangat layak.  Dengan demikian, media tersebut dapat menjadi solusi atas kesulitan penulisan hanzi pada siswa.

Published
2023-06-21
How to Cite
IZZAH, Nurul; SYAFRUDDIN, Dudy; SUNARTI, Sunarti. Pengembangan Modul Cetak Menulis Hanzi Terintegrasi Website Untuk Melatih Kemampuan Menulis Hanzi Siswa Bahasa Mandarin Sma Islam Almaarif. CHANGLUN: Chinese Language, Literature, Culture and Linguistic, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 23-58, june 2023. ISSN 2987-4769. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/changlun/article/view/7477>. Date accessed: 18 may 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.changlun.2023.2.1.7477.
Section
Articles