Kurikulum Internasional Bahasa Mandarin Untuk Penyusunan Buku Ajar
Abstract
Dalam memilih buku ajar, sebagian besar pengajar bahasa Mandarin di Indonesia mempertimbangkan apakah buku ajar tersebut terdapat kosakata yang relevan dengan persiapan tes kemahiran bahasa Mandarin HSK. Kurikulum internasional bahasa Mandarin memuat standar acuan kosakata untuk tes kemahiran berbahasa ini. Oleh karena itu, Kurikulum Internasional bahasa Mandarin menjadi salah satu referensi penting dalam penyusunan buku ajar Bahasa Mandarin di Indonesia. Kajian ini membahas secara ringkas fungsi acuan dan syarat ketentuan dan kebutuhan kurikulum internasional Bahasa Mandarin untuk penyusunan buku ajar Bahasa Mandarin di Indonesia dari dua aspek yaitu dasar konsep penyusunan kurikulum dan tujuan penyusunan buku ajar terutana dalam hal pemilihan kosakata. Penelitian ini memberikan konsep dasar referensi untuk meningkatkan kualitas buku ajar bahasa Mandarin Indonesia dan mencapai standar kosakata buku ajar bahasa Mandarin.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.