Kurikulum Internasional Bahasa Mandarin Untuk Penyusunan Buku Ajar

  • Fransiska Wiratikusuma President University

Abstract

Dalam memilih buku ajar, sebagian besar pengajar bahasa Mandarin di Indonesia mempertimbangkan apakah buku ajar tersebut terdapat kosakata yang relevan dengan persiapan tes kemahiran bahasa Mandarin HSK. Kurikulum internasional bahasa Mandarin memuat standar acuan kosakata untuk tes kemahiran berbahasa ini. Oleh karena itu, Kurikulum Internasional bahasa Mandarin menjadi salah satu referensi penting dalam penyusunan buku ajar Bahasa Mandarin di Indonesia. Kajian ini membahas secara ringkas fungsi acuan dan syarat ketentuan dan kebutuhan kurikulum internasional Bahasa Mandarin untuk penyusunan buku ajar Bahasa Mandarin di  Indonesia dari dua aspek yaitu dasar konsep penyusunan kurikulum dan tujuan penyusunan buku ajar terutana dalam hal pemilihan kosakata. Penelitian ini memberikan konsep dasar referensi untuk meningkatkan kualitas buku ajar bahasa Mandarin Indonesia dan mencapai standar kosakata buku ajar bahasa Mandarin.

Published
2024-07-01
How to Cite
WIRATIKUSUMA, Fransiska. Kurikulum Internasional Bahasa Mandarin Untuk Penyusunan Buku Ajar. CHANGLUN: Chinese Language, Literature, Culture and Linguistic, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 67-82, july 2024. ISSN 2987-4769. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/changlun/article/view/12046>. Date accessed: 09 may 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.changlun.2024.3.1.12046.
Section
Articles