Optimalisasi Penguasaan "的", "地", "得" Melalui Penerapan Media Permainan "幸运数字"

  • Yohanna Aprillia Purwaningtyas Universitas Negeri Surabaya
  • Jingga Phraise Adonai Universitas Negeri Surabaya
  • Sarah Nur Atmifah Retno Universitas Negeri Surabaya
  • Yogi Bagus Adhimas Universitas Negeri Surabaya
  • Febi Warta Nur Ani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penggunaan kata bantu struktural dalam bahasa Mandarin merupakan salah satu materi yang cukup sulit dipelajari oleh para pembelajar bahasa Mandarin. Selama kegiatan perkuliahan berlangsung, mahasiswa sering kali mengalami kesulitan dalam membedakan penggunaan 的 de, 得 de dan 地 de. Hal tersebut disebabkan oleh masih kurangnya pemanfaatan media yang dapat melibatkan mahasiswa secara aktif. Oleh karena itu diperlukan pengembangan media pembelajaran agar dapat mengoptimalkan penguasaan 的 de, 得 de dan 地 de bagi para pembelajar. Untuk melihat perbedaan antara bahasa Mandarin dan bahasa Indonesia, linguistik kontrastif digunakan, dengan penekanan pada pemahaman dan penggunaan kata bantu struktural 的 de, 得 de dan 地 de. Artikel ini menyoroti perbandingan penggunaan 的 de, 得 de dan 地 de dalam bahasa Indonesia dan memberikan metode inovatif untuk meningkatkan kemampuan berbicara Mandarin dengan menggunakan media permainan 幸运数字 Xìngyùn shùzì. Hasil yang diperoleh yakni penggunaan media permainan 幸运数字 Xìngyùn shùzì dapat mendorong penguasaan mahasiswa terhadap komponen 的 de, 得 de dan 地 de. Hal tersebut berdasarkan pada survei yang diambil dari 25 responden menunjukkan bahwa 70,8% atau sebanyak 17 mahasiswa merasa bahwa media permainan 幸运数字 Xìngyùn shùzì dapat memberikan pemahaman lebih terhadap penguasaan komponen的 de , 得 de dan 地 de. Dengan demikian hal tersebut dapat menjadi solusi atas kesulitan pemahaman komponen 的 de , 得 de dan 地 de pada mahasiswa.

Published
2024-07-01
How to Cite
PURWANINGTYAS, Yohanna Aprillia et al. Optimalisasi Penguasaan "的", "地", "得" Melalui Penerapan Media Permainan "幸运数字". CHANGLUN: Chinese Language, Literature, Culture and Linguistic, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 28-48, july 2024. ISSN 2987-4769. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/changlun/article/view/11052>. Date accessed: 02 july 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.changlun.2024.3.1.11052.
Section
Articles