Kemampuan Membaca Teks Bahasa Mandarin Siswa Kelas X MIA MAS An Nuriyah Bontocini Jeneponto

  • ifah Musdalifah Universitas Negeri Makassar
  • Syarifah Fatimah Al Ilmullah Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar
  • Arini Junaeny Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca teks bahasa Mandarin siswa kelas X MIA MAS An Nuriyah Bontocini Jeneponto dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIA sebanyak 28 orang siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 13 orang siswa. Data instrumen penelitian ini diperoleh melalui tes membaca teks bahasa Mandarin dan angket. Metode yang diterapkan dalam pengumpulan data adalah teknik tes, teknik simak, teknik rekam, pemberian angket. Instrumen penelitian ini berupa tes membaca teks bahasa Mandarin dan angket pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan membaca teks bahasa Mandarin siswa Kelas X MIA MAS An Nuriyah Bontocini Jeneponto berada dalam kategori cukup (61%). Data penelitian ini di analisis menggunakan teknik persentase. Hasil angket diperoleh data bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca teks bahasa Mandarin siswa yaitu: 1) Faktor Pendukung: Siswa sangat berminat belajar bahasa Mandarin dan cara guru mengajar disenangi oleh siswa. 2) Faktor Penghambat: Siswa menganggap bahasa Mandarin sulit, kurangnya buku di sekolah, dan siswa belajar bahasa Mandarin di lingkungan sekolah saja.

Published
2023-06-21
How to Cite
MUSDALIFAH, ifah; AL ILMULLAH, Syarifah Fatimah; JUNAENY, Arini. Kemampuan Membaca Teks Bahasa Mandarin Siswa Kelas X MIA MAS An Nuriyah Bontocini Jeneponto. CHANGLUN: Chinese Language, Literature, Culture and Linguistic, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 59-82, june 2023. ISSN 2987-4769. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/changlun/article/view/7546>. Date accessed: 25 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.changlun.2023.2.1.7546.
Section
Articles