Pembuatan Makanan Siap Santap Kelapa Muda dalam Sirup Gula dalam Kemasan Polipropilen (PP) dan Etilen Vinil Alkohol (EVOH)

  • Zahra Dwi Novianti Universitas Jenderal Soedirman
  • Rifah Ediati
  • Riana Listanti

Abstract

Makanan siap santap dalam kemasan saat ini sudah banyak dikenali oleh masyarakat dari berbagai kalangan ekonomi. Mulai dari makanan berat hingga ringan dapat dijumpai dalam bentuk kemasan siap santap. Produk makanan siap santap dalam kemasan tak lepas dari kualitas produk yang diproduksi. Dalam hal ini sebagai jaminan kepada konsumen yang akan mengonsumsi. Kualitas produk makanan siap santap dalam kemasan juga tidak lepas dari pengaruh bahan serta kemasan yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh konsentrasi sirup gula terhadap kualitas kelapa muda kemasan selama penyimpanan, 2) Mengetahui pengaruh jenis kemasan terhadap kelapa muda kemasan selama penyimpanan, dan 3) Mengetahui pengaruh interaksi konsentrasi sirup gula dan jenis kemasan terhadap kelapa muda selama penyimpanan.


Pembuatan makanan siap santap kelapa muda dalam sirup gula dalam kemasan menggunakan gula pasir dan air sebagai sirup gula dengan 3 taraf konsentrasi sirup gula 10%, 15%, dan 20%, serta 2 taraf jenis kemasan yaitu kemasan polipropilen (PP) dan Etilen Vinil Alkohol (EVOH).


Karakteristik pengujian pada minggu keenam makanan siap santap kelapa muda dalam sirup gula dan kemasan menunjukkan hasil perlakuan yang diberikan tidak memengaruhi mutu tekstur dan asam lemak bebas (FFA), sedangkan pada mutu warna (derajat putih), pH, dan brix menunjukkan hasil adanya pengaruh dari perlakuan yang diberikan.

Published
2022-08-24
How to Cite
NOVIANTI, Zahra Dwi; EDIATI, Rifah; LISTANTI, Riana. Pembuatan Makanan Siap Santap Kelapa Muda dalam Sirup Gula dalam Kemasan Polipropilen (PP) dan Etilen Vinil Alkohol (EVOH). Journal of Agricultural and Biosystem Engineering Research, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 53-64, aug. 2022. ISSN 2776-821X. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jaber/article/view/6351>. Date accessed: 29 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.jaber.2022.3.1.6351.