PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PELAJARAN EKONOMI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas X IPA MAN 1 Banyumas yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar, serta pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik sampel yang digunakan adalah Purpossive Sampling, dengan jumlah sampel 61 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas ekperimen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan t-Test dan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Terdapat perbedaan keaktifan belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap keaktifan belajar; (4) Terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa; (5) Terdapat pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division, Keaktifan Belajar, dan Hasil Belajar.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.