Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga di Bojonegoro
Abstract
Kualitas hasil pembelajaran olahraga sangat di tentukan oleh kompetensi guru PJOK. Untuk pembinaan keprofesian guru diperlukan pengukuran kompetensi guru PJOK secara berkala. Penelitian ini bertujuan mengetahui kompetensi guru PJOK di Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan yakni desciptive study dengan metode survey kadar keguruan guru PJOK untuk mengetahui kompetensi guru. Subjek penelitian ini adalah Guru PJOK di Sekolah SD, SMP,dan SMA di Bojonegoro berjumlah 30 orang menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner kadar keguruan PJOK dengan mengunakan rentang nilai 0%-100% (Suroto, 2016). Kuesioner ini menggunakan skala empat poin tipe Likert (1 = katergori kurang, 2 = kategori biasa, 3 = kategori baik, 4 = kategori hebat). Hasil penelitian kadar keguruan kompetensi guru PJOK secara keseluruhan hasil dari 30 orang sampel penelitian guru PJOK berdasarkan semua tingkatan yang masuk pada kategori kurang dengan skor persentase 23,3%, guru PJOK yang masuk kategori biasa dengan skor persentase 30,0 %, guru PJOK yang masuk kategori baik dengan skor persentase 33,3 % dan guru PJOK yang masuk kategori hebat dengan skor persentase 13,3 %. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah masih diperlukan peningkatan kompetensi guru PJOK agar lebih baik dalam konteks proses dan hasil pembelajaran
References
Demir, E. (2015). Assessment Of Professional Personality Competence Of Physical Education Teachers Working In Canakkale. Pamukkale Journal of Sport Sciences, 6(2), 17–32.
Depdiknas. (2019). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta. Diambil dari http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf
Dhuhary, A. A. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Prosiding Seminar Nasional Profesional Tenaga Profesi PJOK, (1), 294–306.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Fitriani, N. A. (2013). Kompetensi Guru PJOK Yang Bersertifikat Pendidik SMP Yogyakarta.
Indonesia, P. R. Undang-Undang Republik Indonesia No.3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. , (2005). Jakarta.
Kemendikbud. (2020). Data Neraca Pendidikan Daerah. Diambil dari Kemendikbud website: https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=ukg.
Kemendikbud RI. (2016). Sumber Daya Manusia Pendidikan Dasar dan Menengah. In Bastari & S. Sofiah (Ed.), Bidang Pendayagunaan dan Pelayanan Data dan Kebudayaan, Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Pusat Data Dan Statistik Pendidikan Dan Kebudayaan. Diambil dari http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_C3E61ED4-94A4-4C8E-AFEE-091C89F6BF53_.pdf
Khair, A. (2018). Kompetensi Guru PJOK DI SD Negeri Sejangkung.
Kim, R., Sum, W., Morgan, K., Man, M., & Ma, S. (2020). The Influence of a Customized Continuing Professional Development Programme on Physical Education Teachers ’ Perceived Physical Literacy and Efficacy Beliefs. Prospects, (0123456789). https://doi.org/10.1007/s11125-020-09471-4
Kurdi, & Putra, M. F. P. (2018). Kompetensi Guru PJOK : Antara Harapan dan Kenyataan. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Edisi IV 2018, 2(2004).
Maksum, A. (2016). Paradoks guru pendidikan jasmani. Diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/303912194
Maksum, A. (2017). Guru Bermutu , Pendidikan Maju. (December 2015). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28902.83527
Muna, M. K. (2016). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Prosiding Seminar Nasional Profesional Tenaga Profesi PJOK, 209–220.
Nasional, M. P. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.
Perpusnas, P. (2019). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Diambil dari https://pusdiklat.perpusnas.go.id/
Prasetyo, W. D., & Priambodo, A. (2020). Studi Evaluatif Tingkat Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. 6(1), 15–26.
Rahayu, N. P., Nugroho, J. P., & Berliani, T. (2019). Pembinaan Profesional Guru SD Daerah Terpencil. Equity in Education Journal, 1(1), 62–72.
Roesdiyanto. (2017). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Dalam Kompetensi Inti Pemahaman Tujuan Pembelajaran Dan Memilih Materi Pembelajaran Sesuai Dengan Tingkat Perkembangan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi Pjok, hal. 610–616.
Setiyadi, W. (2009). SUrvei Persepsi Guru Non Pendidikan Jasmani Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Tingkat Smp Se Kecamatan Musuk. Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Edisi Kedu; M. Dr. Ir Sutopo, S.Pd., Ed.). Bandung: ALFABETA CV. Diambil dari www.cvalfabeta.com
Sum, K. W. R., Wallhead, T., Ha, S. C. A., & Sit, H. P. C. (2018). Effects of Physical Education Continuing Professional Development on Teachers ’ Physical Literacy and Self-efficacy and Students ’ Learning Outcomes. International Journal of Educational Research, 88(January), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2018.01.001
Supriyandi. (2013). Survei Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama Yang Telah Mendapatkan Sertifikasi Ketapang.
Suroto. (2016). Seminar Nasional Tema Invasi Dan Hilirisasi Hasil Penelitian Untuk Kesejaheraan Masyarakat (I. wayan Susila, Suroto, & Tukiran, Ed.). Surabaya: Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya. Diambil dari fakultasmipa.unesa@gmail.com
Winarni, S., & Lismadiana. (2020). Physical Education Teacher Competencies Base On Age and Type of School. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 101–114. Diambil dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji
Wright, C., Buxcey, J., Gibbons, S., Cairney, J., Barrette, M., & Naylor, P. J. (2020). A pragmatic feasibility trial examining the effect of job embedded professional development on teachers’ capacity to provide physical literacy enriched physical education in elementary schools. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(12), 1–20. https://doi.org/10.3390/ijerph17124386

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.