Author Guidelines

DESKRIPSI PAJU

Physical Activity Journal (PAJU) Merupakan salah satu wadah penulisan karya tulis ilmiah yang mampu menampung berbagai multidisiplin ilmu dibidang olahraga (pendidikan jasmani, ilmu keolahragaan, kepelatihan olahraga), maupun cabang keilmuan yang berkaitan seperti sports medical, public health, psikologi olahraga dan fisioterapi olahraga. Kami menerima artikel berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual maupun hasil kajian pustakawan landasan teoritis yang dikaji secara scientific. Artikel yang diajukan untuk dipublikasikan pada jurnal PAJU tidak sedang diusulkan pada jurnal ilmiah lain dan belum pernah dipublikasikan oleh jurnal ilmiah atau lembaga jurnal manapun. Hasil daripada terbitan berkala akan dilakukan dalam dua kali dalam satu tahun (April dan Oktober).

 

GAYA SELINGKUNG JURNAL PAJU

 

STANDAR PENULISAN UMUM

Artikel diketik dengan jarak 1,5 spasi, arial narrow font ukuran 11, kertas ukuran 21 x 29,7 cm (A4) dengan jarak 3 cm dari atas, samping dan bawah. Panjang artikel asli, gambar mapun tabel berjumlah tidak lebih dari 15 halaman, dengan margins rata kanan-kiri. Masing-masing bagian berikut harus disertakan dalam manuskrip dalam urutan ini: judul, abstrak (indonesia dan english), pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, simpulan, referensi.

 

MANUSKRIP PENULISAN TERDIRI DARI:

 

JUDUL

Judul dibuat dengan cermat, ringkas dan menarik. Penggunaan bahasa Indonesia yang benar tidak melebihi dari 20 kata. Judul tidak menggunakan kalimat tanya.

 

PENULIS DAN KORESPONDENSI

Penulis harus mencantumkan identitas lengkap meliputi: (1) nama; (2) institusi;

(3) email (4); nomor telepon/hp. Nama penulis dituliskan tanpa menggunakan title atau gelar apapun. Afiliasi dan alamat email untuk setiap rekan penulis,  dan rincian kontak lengkap untuk penulis terkait.

 

ABSTRAK (English)

Abstrak seharusnya tidak lebih dari 250 kata. Disusun dengan ukuran 10 arial spasi 1 dengan ketentuan 1 kali tab menjorok kedalam rata kanan-kiri. Abstrak jika berdasarkan hasil penelitian harus disusun menjadi beberapa bagian, berikut, pendahuluan, tujuan, metode, hasil, pembahasan dan simpulan. (Abstrak dalam bahasa indonesia dan inggris)

 

KATA KUNCI

Kata kunci terdiri 3-5 kata kunci, gunakan ejaan bahasa Indonesia dan hindari istilah umum dan jamak. Skema penulisan secara italic (miring)

 

PENDAHULUAN

Pendahuluan ditulis secara jelas dan langsung pada pokok inti latar belakang yang memotivasi penelitian ini, perumusan masalah, dan rangkuman kajian teoritik Penggunaan kutipan rujukan dilakukan dengan pencantuman nama penulis dan tahun penerbitan, misalnya (Gallahue, 2006) atau (Giriwijoyo, 2007).

 

METODE

Metode harus berisi rincian yang relevan dengan perilaku dan interpretasi penelitian. Hal Ini termasuk deskripsi metode statistik yang cukup rinci sehingga reviewer dengan akses ke data dapat memverifikasi. Kriteria klasifikasi dengan deskripsi singkat dengan mengacu pada kriteria metode yang digunakan. Memuat jenis dan rancangan penelitian, tempat dan waktu penelitian, populasi dan sampel, prosedur penelitian, instrumen pengumpul data, serta teknik analisis data.

 

HASIL

Hasil yang ditampilkan sesuai dengan jumlah perumusan masalah. Hindari pengulangan data dalam teks dan tabel. Komentar singkat mengenai signifikansi hasilnya sesuai. Penggunaan kolom dan tabel dengan ukuran font 10 arial. Penggunaan koma dibelakang angka tidak dianjurkan dapat diganti dengan penggunaan titik (mis: p value <0.05 bukan p value <0,05).

 

PEMBAHASAN

Pembahasan harus berisi mengenai temuan dalam konteks data yang dipublikasikan. Hasil yang anda konfirmasikan merupakan data temuan terbaru. Bagaimana hasil anda memajukan bidang penelitian ini, kejelasan penjabaran sebab-akibat secara jelas sangat dianjurkan serta hindari spekulasi panjang.

 

SIMPULAN

Berisi penjelasan secara singkat hasil daripada penelitian atau kajian yang telah anda lakukan, merujuk dari pendahuluan, permasalahan, metode hingga hasil dan pembahasan. Simpulan harus mampu menjawab berdasarkan permasalahan yang ada.

 

REFERENSI

Referensi disusun menurut format penulisan Harvard. Referensi hanya mencantumkan sumber yang dirujuk dengan menggunakan Software Mendeley. Artikel diketik dengan spasi tunggal, diurutkan secara alfabetis dan disajikan seperti contoh berikut:

Coker, C.A., 2004. Motor Learning and Controll for Practitioner. New York: Library of Congress Cataloging in Publications.

 

Lutan, R., Siregar, M.F., dan Djide, T., 2004. Akar Sejarah dan Dimensi Keolahragaan Nasional. Jakarta: Ditjora Depdiknas.

 

Thomas, J.R., dan Nelson, J.K., 2001. Research Methods in Physical Activity, fourth edition. Champaign: Human Kinetics.