Publication Ethics

Tim redaksi menerapkan etika publikasi ilmiah Jurnal PAJU dengan tujuan untuk memperoleh kualitas isi artikel/publikasi yang baik, serta menghindari pelanggaran penerbitan/plagiarisme dalam proses penerbitan. Tata cara etika publikasi ini berlaku bagi penulis, mitra bestari (reviewer), dan pengelola jurnal/tim redaksi. Etik publikasi ilmiah pada jurnal ini mencakup tiga kode etik dalam publikasi, yaitu (1) Kenetralan, yaitu bebas dari perdebatan kepentingan dalam pengelolaan publikasi (2) Keadilan, yaitu memberikan hak penulisan kepada yang berhak menulis (3) Kejujuran , yaitu bebas dari plagiarisme dalam publikasi.

 

Etika Penulis

  1. Penulis harus memastikan artikel hasil penelitian yang dikirim ke redaksi adalah orisinil yang bersumber dari ide dan gagasan sendiri, bukan menjiplak ide/gagasan orang lain tanpa plagiarism.
  2. Penulis harus menuliskan artikel sesuai dengan gaya selingkung Jurnal PAJU.
  3. Penulis harus menuliskan rujukan atau sumber apabila mengutip hasil karya atau penelitian orang lain.
  4. Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi.
  5. Penulis wajib mengikuti kaidah pengiriman jurnal yaitu meliputi tahap berikut yaitu pengiriman artikel secara online, penyuntingan artikel, review artikel sampai ke tahap penerbitan artikel di jurnal PAJU.
  6. Penulis harus memahami etika publikasi ilmiah tersebut untuk menghindari konflik kepentingan dengan pihak lain, sehingga naskah dapat diproses dengan lancar.

 

Etika Editor

  1. Editor memastikan panduan penulisan diakses dengan jelas oleh penulis dan mengkomunikasikan kepada penulis secara transparan.
  2. Editor memastikan reviewer dan menginformasikan ketentuan dan proses review serta menjaga privasi penulis.
  3. Editor Jurnal bertanggungjawab dalam memutuskan naskah yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan editor yang mengacu pada kebijakan editorial.
  4. Editorial tidak akan memberitahukan kepada penulis tentang siapa yang menelaah kelayakan terbit dan sebaliknya nya (blind review).
  5. Editor bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, atas artikel yang disunting
  6. Editor bertanggungjawab untuk mengoreksi yang disarankan oleh reviewer sudah dikerjakan.
  7. Editor bertanggungjawab untuk mengoreksi artikel sudah sesuai dengan kebijakan jurnal PAJU.

 

Etika Reviewer

  1. Reviewer bersikap jujur, objektif, tidak bias, independen, dan hanya berpihak pada kebenaran ilmiah. Proses penelaahan naskah dilakukan secara profesional tanpa membedakan jenis kelamin, suku, agama, ras, antar-golonga, kepentingan penulis.
  2. Reviewer harus memastikan bahwa sumber referensi/kutipan naskah telah sesuai dan dapat dipertanggungjawabkan). Jika ditemukan kesalahan atau penyimpangan dalam penulisan sumber referensi/kutipan, reviewer harus segera menginformasikan ke redaksi untuk dilakukan perbaikan oleh penulis sesuai catatan dari reviewer.
  3. Reviewer harus merespon naskah yang telah dikirim oleh redaksi dan bekerja sesuai dengan waktu penelaahan naskah (peer-review) yang telah ditetapkan (maksimal 4 minggu)