HUBUNGAN ASUPAN GIZI DAN STUNTING DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SDSN JATI RAHAYU V KOTA BEKASI

  • Tri Pertiwi Amalia STIKes Mitra Keluarga
  • Tri Marta Fadhilah
  • Arindah Nur Sartika

Abstract

Prestasi akademik merupakan ciri siswa yang berkualitas dalam sumber daya manusia (SDM). Nilai rata – rata kualitas SDM Indonesia berada dibawah negara ASEAN lainnya. Rendahnya kualitas SDM dapat merugikan bangsa, sehingga perlu dicegah sedini mungkin. Faktor yang mempengaruhi prestasi akademik adalah stunting dan asupan gizi. Asupan gizi yang tidak seimbang membuat anak sulit menerima informasi. Stunting dapat menurunkan perkembangan otak, sehingga prestasi akademiknya menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara asupan gizi (energi, karbohidrat, protein, dan lemak) dan stunting dengan prestasi akademik pada anak usia sekolah dasar di SDSN Jati Rahayu V Kota Bekasi. Penelitian menggunakan rancangan cross sectional. Variabel independen penelitian adalah asupan gizi dan stunting, variabel dependen adalah prestasi akademik. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 dan 5 SDSN Jati Rahayu V, Kota Bekasi dengan total sampel 122 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner Food Recall 2x24 jam, pengukuran antropometri, dan rapor. Dianalisa menggunakan uji Chi-Square dan Fisher’s Exact. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara asupan gizi dan stunting dengan prestasi akademik pada anak usia sekolah dasar di SDSN Jati Rahayu V Kota Bekasi.

Published
2019-11-06
How to Cite
AMALIA, Tri Pertiwi; FADHILAH, Tri Marta; SARTIKA, Arindah Nur. HUBUNGAN ASUPAN GIZI DAN STUNTING DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SDSN JATI RAHAYU V KOTA BEKASI. Jurnal Gizi dan Pangan Soedirman, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 90-98, nov. 2019. ISSN 2599-2465. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jgps/article/view/1652>. Date accessed: 30 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.jgps.2019.3.2.1652.