SENTIMENT AND DIGITAL OPINION ANALYSIS REGARDING KAESANG PANGAREP'S READINESS TO BECOME DEPOK 1 THROUGH TWITTER

  • MM Bryan Santika jenderal soedirman
  • Ardiansyah Ardiansyah
  • Edi Santoso

Abstract

ABSTRAK


 


Kaesang Pangarep putra kedua presiden joko widodo akhirnya terjun ke panggung politik sebagai calon walikota depok. Video pernyataan tersebut diunggahnya sendiri dari channel pribadi Kaesang Pangarep. Hal tersebut memberikan berbagai respon dari warganet diberbagai media sosial, salah satunya Twitter. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui siapa saja aktor yang terlibat dalam pembentukan jaringan komunikasi terkait informasi Kaesang Pangarep yang mencalonkan diri sebagai depok1, juga mengetahui persepsi pengguna twitter berupa cuitan respon terkait kabar yang beredar. Penelitian ini menggunakan metode Mix Method, yaitu menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil statistik menunjukan perhitungan jaringan komunikasi denngan sampel 10000 tweet, aktor (nodes) yang berperan sebanyak 5404, dan jaringan (edges) sebanyak 6456 ditambang dengan laman netlytic.org dan gephi software.  Metode kualitatif digunakan demi memperoleh gambaran jaringan sosial dan  struktur jaringan dengan analisis teks untuk mendapatkan pola pesan yang terdapat di dalam jaringan komunikasi. Hasil yang diperoleh terdapat sentralisasi aktor, dan sentimen dalam opini digital.


 

References

Barisione, M., & Ceron, A. (2017). A Digital Movement of Opinion ? Contesting Austerity Through Social Media. https://doi.org/10.1057/978-1-137- 59890-5.

Cahyono, Y. (2017). Analisis Sentiment pada Sosial Media Twitter Menggunakan Naїve Bayes Classifier dengan Feature Selection Particle Swarm Optimization dan Term Frequency. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 14. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i1.1 500

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. PT. Pustaka Pelajar.

Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi Strategi Baru dalam Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Prenadamedia Group.

Eriyanto. (2019). Hashtags and Digital Movement of Opinion Mobilization : A Social Network Analysis / SNA Study on # BubarkanKPAI vs # KamiBersamaKPAI Hashtags. Jurnal Komunikasi Indonesia, VIII(3).

Hadiana, A. I., & Witanti, W. (2017). Analisis Jejaring Sosial Menggunakan Social Network Analysis untuk Membantu Social CRM bagi UMKM di Cimahi. 29–36.

Hartanto. (2017). Text Mining dan Sentimen Analisis Twitter Pada Gerakan LGBT. Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(1), 18–25.

Isanta, S. A., Fatichah, C., & Purwitasari, D. (2016). Ekstraksi Kata Kunci Metadata Twitter Berbahasa Indonesia dengan Pendekatan Grammatical Tagging untuk Visualisasi Trend Produk Brand. Jurnal Inspiration, 6(2), 92–104.

Rafita, Y. (2014). SOCIAL NETWORK ANALYSIS DALAM MELIHAT KECENDERUNGAN PEMBERITAAN PADA AKUN TWITTER “@ detikcom ” dan “@ Metro _ TV .” Jurnal Khazanah, 6(2), 67–81.

Ramadhani, D. P., Alamsyah, A., & Wicaksono, M. B. (2018). Eksplorasi Pemimpin Opini Untuk Alternatif Pendukung Pemasaran Pt . Net Mediatama Indonesia Menggunakan Metode Analisis Jejaring Sosial Dengan Kata Kunci “@ Netmediatama” Di Twitter. Jurnal Wacana Ekonomi, 17(2013), 13–24.

Suryono, S., Utami, E., & Luthfi, E. T. (2018). KLASIFIKASI SENTIMEN PADA TWITTER DENGAN NAIVE BAYES CLASSIFIER. Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, Angkasa, X(1), 89–96.

Tjahyana, L. J. (2019). Gerakan opini digital #truebeauty pada twitter untuk pemeran film adaptasi komik webtoon.

Widyasari, K. L., Nuranna, F. S., Sulasmi, A. L., Rokayah, Wihartono, W., Sinuraya, N. E., Lestari, Chodijah, S., Finaka, A. W., Oscario, N., Sejati, D. F., Pamungkas, C. A., & Riswan, H. (2018). MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM LEMBAGA PEMERINTAH. In Kominfo. Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, iii Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Published
2024-05-26
How to Cite
SANTIKA, MM Bryan; ARDIANSYAH, Ardiansyah; SANTOSO, Edi. SENTIMENT AND DIGITAL OPINION ANALYSIS REGARDING KAESANG PANGAREP'S READINESS TO BECOME DEPOK 1 THROUGH TWITTER. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 17-33, may 2024. ISSN 2620-6676. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/9115>. Date accessed: 10 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2024.20.1.9115.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.