THE USE OF SOCIAL MEDIA FOR PERSONAL BRANDING PURPOSE

  • Nur Alfa Fitriani
  • Mochammad Ikhsan Firmansyah -
  • Resty Oktaviani
  • Mochamad Whilky Rizkyanfi

Abstract

Media sosial dapat dijadikan alat untuk seseorang dalam menampilkan citra dirinya. Hal ini sejalan dengan pengertian personal branding menurut Erwin dan Tumewu (2015) yaitu suatu kesan yang didapatkan seseorang berkat prestasi, perilaku, dan keahlian yang dibangun melalui usaha sadar dan sengaja atau tidak sengaja dengan tujuan mempresentasikan nilai diri. Personal branding juga dapat dijadikan suatu ciri khas diri yang digunakan oleh individu guna mempermudah publik dalam mengingat dirinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam terkait fenomena yang terjadi pada salah satu influencer muda Indonesia yaitu Leonardo Edwin dalam memanfaatkan media sosialnya untuk personal branding. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap Leonardo Edwin yang memanfaatkan media sosial untuk membangun personal branding dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial sebagai sarana untuk membangun personal branding dinilai sangat efektif dan memberikan dampak yang sangat positif bagi kalangan masyarakat dan dirinya sendiri. Media sosial yang dimanfaatkan dengan baik seperti yang dilakukan oleh Leonardo Edwin dapat menjadi sebuah inspirasi dan motivasi bagi para remaja ataupun orang dewasa dalam menggunakan media sosial sebagai sarana personal branding. Terutama kaum muda yang lebih melek teknologi, sudah seharusnya dapat menggunakan teknologi seperti media sosial ini untuk hal yang berfaedah.

References

Afrilia, A. M. (2018, Maret 15). Personal Branding Remaja di Era Digital. Mediator: Jurnal Komunikasi , Vol 11 (1), I, 20-30.
Djick, J. V. (2013). The Culture of Connectivity: A Critical History of Social Media. Oxford University Press.
Dr. Marissa Grace Haque-Fawzi, S. M., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Nurjaya. (2022). STRATEGI PEMASARAN: Konsep, Teori dan Implementasi. Tangerang Selatan: Gramedia e-books(Pascal Books).
Karl D Sikun, M. D. (2004). Be your own brand : resep jitu meraih personal brand yang unggul / David McNally, Karl D. Speak ; alih bahasa, Sikun. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mobray, K. (2009). The 10ks of Personal Branding: Kreate a better you. New York: iUniverse.
Montoya. (2006). Matter of Hostetler v Montanye. New york: New York State Law Reporting.
Montoya, P., & Vandehey T. (2008). The Brand Called You: Create a Personal Brand That Wins Attention and Grows Your Business. New York: McGraw-Hill.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Raharjo, F. S. (2019). The Master Book of Personal Branding. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67.
Tamimy, M. F. (2017). Sharing-mu Personal Branding-mu. Jakarta: Visimedia.
Tumewu, B., & Parengkuan, E. (2015). PERSONAL BRAND-INC : Rahasia untuk sukses dan bertahan di karir. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama .
Published
2024-07-02
How to Cite
FITRIANI, Nur Alfa et al. THE USE OF SOCIAL MEDIA FOR PERSONAL BRANDING PURPOSE. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 51-66, july 2024. ISSN 2620-6676. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/8349>. Date accessed: 09 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2024.20.1.8349.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.