ETIKA KOMUNIKASI DALAM MEDIA SOSIAL PADA IBU-IBU PERWIRITAN DI PERUMAHAN GRIYA PERMATA IV TANJUNG ANOM
Abstract
Sebagai makhluk sosial, manusia pastinya menjalani proses komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Proses komunikasi itu dapat dilakukan dengan menggunakan peran media yang ada. Berkembangnya teknologi maka perkembangan media pun semakin canggih. Salah satunya dengan hadirnya media sosial yang digemari oleh seluruh kalangan. Saat ini proses komunikasi menjadi lebih mudah, sehingga kita juga mengenal komunikasi media, yang dalam penelitian ini adalah melalui media sosial. Dalam menggunakan media sosial tentunya tidak boleh sembarangan, namun ada etika komunikasi yang perlu diperhatikan. Etika komunikasi dalam media sosial inilah yang akan peneliti pelajari. Pada era digital ini, perkembangan media sosial sudah masuk ke dalam kehidupan ibu-ibu, salah satunya ibu-ibu Perwiritan di Perumahan Griya IV Tanjung Anom. Fokus penelitian ini adalah: (1) Mengetahui etika komunikasi di media sosial bagi Perwiritan di Perumahan Griya IV Tanjung Anom. ; (2) mengetahui jenis media sosial yang digunakan di Perumahan Griya IV Tanjung Anom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) etika komunikasi di media sosial mencakup etika komunikasi dalam konteks waktu, isi pesan, dan komunikan; (2) jenis media sosial yang digunakan adalah Facebook dan WhatsApp.
References
Mulyana, Deddy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaludin. 2002. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif RND. Bandung: Alfabeta.
Corry, A. 2009. Etika Berkomunikasi dalam Penyampaian Aspirasi. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara.
https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022 di akses pada tanggal 15 Desember 2022 pukul 15.00 wib.
https://seon.co.id/pengertian-media-sosial/ di akses pada tanggal 15 Desember 2022 pukul 15.30 wib.
https://kumparan.com/reza-annisa/pentingnya-etika-di-media-sosial-1vV0LfujXkj/full diakses pada tanggal 15 Desember 2022 pukul 16.10 wib.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).