ETIKA KOMUNIKASI DALAM MEDIA SOSIAL PADA IBU-IBU PERWIRITAN DI PERUMAHAN GRIYA PERMATA IV TANJUNG ANOM

  • Nurhalima Tambunan
  • Sekar Katresna Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Alya Salsabila
  • Khairuddin Yusuf
  • Salwa Nabila

Abstract

Sebagai makhluk sosial, manusia pastinya menjalani proses komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Proses komunikasi itu dapat dilakukan dengan menggunakan peran media yang ada. Berkembangnya teknologi maka perkembangan media pun semakin canggih. Salah satunya dengan hadirnya media sosial yang digemari oleh seluruh kalangan. Saat ini proses komunikasi menjadi lebih mudah, sehingga kita juga mengenal komunikasi media, yang dalam penelitian ini adalah melalui media sosial. Dalam menggunakan media sosial tentunya tidak boleh sembarangan, namun ada etika komunikasi yang perlu diperhatikan. Etika komunikasi dalam media sosial inilah yang akan peneliti pelajari. Pada era digital ini, perkembangan media sosial sudah masuk ke dalam kehidupan ibu-ibu, salah satunya ibu-ibu Perwiritan di Perumahan Griya IV Tanjung Anom. Fokus penelitian ini adalah: (1) Mengetahui etika komunikasi di media sosial bagi Perwiritan di Perumahan Griya IV Tanjung Anom. ; (2) mengetahui jenis media sosial yang digunakan di Perumahan Griya IV Tanjung Anom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) etika komunikasi di media sosial mencakup etika komunikasi dalam konteks waktu, isi pesan, dan komunikan; (2) jenis media sosial yang digunakan adalah Facebook dan WhatsApp.

References

Haryatmoko.2007. Etika Komunikasi; Manipulasi Media, Kekerasan, dan Pornografi. Yogyakarta: Kanisius.
Mulyana, Deddy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaludin. 2002. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif RND. Bandung: Alfabeta.
Corry, A. 2009. Etika Berkomunikasi dalam Penyampaian Aspirasi. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara.
https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022 di akses pada tanggal 15 Desember 2022 pukul 15.00 wib.

https://seon.co.id/pengertian-media-sosial/ di akses pada tanggal 15 Desember 2022 pukul 15.30 wib.

https://kumparan.com/reza-annisa/pentingnya-etika-di-media-sosial-1vV0LfujXkj/full diakses pada tanggal 15 Desember 2022 pukul 16.10 wib.
Published
2023-12-03
How to Cite
TAMBUNAN, Nurhalima et al. ETIKA KOMUNIKASI DALAM MEDIA SOSIAL PADA IBU-IBU PERWIRITAN DI PERUMAHAN GRIYA PERMATA IV TANJUNG ANOM. Acta Diurna: Jurnal Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 49-61, dec. 2023. ISSN 2620-6676. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/8067>. Date accessed: 01 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2023.19.2.8067.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.