KOMUNIKASI PEMBELAJARAN SEKOLAH LUAR BIASA RISANTYA BANDUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya Sekolah dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Risantya untuk menyesuaikan kegiatan pembelajarannya dengan berbagai pertimbangan yang muncul terkait kebutuhan siswa selama masa pandemi COVID-19. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses komunikasi pembelajaran yang dilakukan untuk siswa autis pada tingkat SD di Sekolah dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Risantya pada masa pandemi COVID-19; (2) alasan dipilihnya metode pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber. Narasumber tersebut terdiri dari seorang kepala sekolah, satu orang guru, dan dua orang tua siswa. Penelitian ini didukung oleh Teori Interaksi Simbolik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses komunikasi pembelajaran di Sekolah dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Risantya dilakukan melalui BDR (Belajar dari Rumah) dan program pengembangan diri. Dengan adanya dua kegiatan tersebut, guru dan orang tua berperan sebagai pendidik bagi siswa. Guru dan orang tua memerlukan kemampuan menyampaikan komunikasi verbal dan nonverbal dengan baik. Pembelajaran dilakukan dalam level komunikasi antarpribadi, berlangsung secara adaptif dan menggunakan diferensiasi instruksi sesuai kemampuan tiap siswa. (2) Metode pembelajaran yang digunakan menjadi pilihan karena adanya aspirasi dari orang tua terkait kegiatan pembelajaran siswa di tengah pandemi COVID-19.
References
Atmaja, J. R. (2019). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. PT Remaja Rosdakarya.
Bear, C. R., Terrill, W. P. A., Frates, A., Peterson, P., & Ulrich, J. (2021). Challenges for Rural Native American Students With Disabilities During. Rural Special Education Quarterly, 1–10. https://doi.org/10.1177/8756870520982294
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design (Fourth). SAGE Publications.
Iriantara, Y. (2014). Komunikasi Pembelajaran: Interaksi Komunikatif dan Edukatif di Dalam Kelas. Simbiosa Rekatama Media.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Penyesuaian Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaian-keputusan-bersama-empat-menteri-tentang-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2019). Teori Komunikasi: Theories of Human Communication 9th Edition. Salemba Humanika.
Manzilati, A. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Universitas Brawijaya Press.
Mareza, L. (2016). Pengajaran Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Inklusi. Jurnal Indigenous, 1(2), 99–105.
Morissan. (2018). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Prenadamedia Group.
Nuryani, S., Hadisiwi, P., & Karimah, K. El. (2016). Pola Komunikasi Guru pada Siswa Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Kejuruan Inklusi. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2), 154–171.
Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2017). Teaching English to a Student with Autism Spectrum Disorder in Regular Classroom in Indonesia. International Journal of Instruction, 10(3), 159–176.
Ramadhan, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Dinilai KPAI Ciptakan Kesenjangan. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2021/01/23/20010081/pembelajaran-jarak-jauh-dinilai-kpai-ciptakan-kesenjangan
Rina, N., Suminar, J. R., & Damayani, N. A. (2019). Patterns of Interpersonal Communication Students Through the Class Tarkiz Quran Memorizers. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 13(34), 54–68. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i1.5192
Sandi, E. D. (2020). Mendikbud: Januari 2021 Sekolah Boleh Tatap Muka, Ini Syaratnya. Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2020/11/20/161556771/mendikbud-januari-2021-sekolah-boleh-tatap-muka-ini-syaratnya?page=all
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Alfabeta.
Suminar, J. R. (2016). Komunikasi Antarpribadi. Unpad Press.
Tamburian, H. H. D. (2018). Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Dayak Dalam Menjaga Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jurnal Komunikasi, 10(1), 77–86.
Tremmel, P., Myers, R., Brunow, D. A., & Hott, B. L. (2020). Educating Students With Disabilities During the COVID-19 Pandemic : Lessons Learned From Commerce Independent School District. Rural Special Education Quarterly, 39(4), 1–10. https://doi.org/10.1177/8756870520958114
Yuwono, J. (2019). Memahami Anak Autistik (Kajian Teoritik dan Empirik) Edisi Revisi. Alfabeta.
Yuwono, J. (2020). Pembelajaran Anak Autis di Masa Pandemi COVID-19 Berbasis Keluarga. Direktorat Guru Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah Dan Pendidikan Khusus Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 123–138.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).