Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaigan Pedagang Online Di Pusat Pasar Medan

  • Yogi Darnika Universitas islam negeri sumatera utara

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Persaingan Pedagang Online di Pusat Pasar Medan” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana strategi pemasaran dalam menghdapai persaingan di pusat pasar medan dan Apa saja kendala komunikasi pemasaran dalam menghdapai persaingan pedagang online di pusat pasar medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Teori yang digunakan

penelitian ini adalah Model Hierarki Efek. Hasil Pnelitian menunjukan bahwa strategi yang di gunakan para pedagang pusat pasar dan penjual online mulai dari penjualan tatap muka, iklan dan hubungan dengan masyarkat. Stretegi penjualan tatap muka yang di lakukan langsung ke konsumen yang ingin membeli, dari semua toko yang di teliti di pusat pasar medan mereka lebih banyak menggunakan pemasaran penjualan tatap muka dan hubungan masyarakat. Pemasaran penjual tatap muka sepreti mereka memasarkan dengan reseller dan dropship mereka. hambatan yang meraka dapat komunikasi antar satu dengan yang lain. Dengan ada nya komunikasi pesan yang tidak jelas dengan apa yang mereka berikan, seperti dengan contohnya mereka meberikan hutang kepada pelangga dengan senang, tetapi si pelanggan tidak membayarkan sesuai dengan komunkasi yang mereka sampaikan di awal.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Pedagang, Hambatan Komunikasi

References

Husain, Usman dan Purnomo Setiady, 2011, Metodelogi Penelitian Sosial Edisi Kedua, Jakarta : Bumi Aksara
Daryanto, 2014 Teori Komunikasi Malang Gunung Samudra
Sumawan, U., Puspitawati. H., Hariadi. A., Muki Ali, M., Gazali, M (2003). Strategi Periklanan Pada E- Commere Perusahan Top Dunia Penerbit Andi
Dr. Redi Panuju, M.Si.,2019 Komunikasi Pemasaran Pemasaran Sebagai Fejala Komunikasi. Edisi Pertama, Surabaya Prenandamedia Group
Bungin, Burhan. 2017. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan
Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Sendjaya, Sasa Djursa 2002. Teori Komunikasi. Jakarta UT
Rosady, Ruslan. (2008). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi,Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Kotler, Philip. (2005). Manajeman Pemasaran. Terjemahan : Benyamin Molan Jilid 1 Edisi 11. Jakrta : Indeks
Basrowi dan Suwandi (2008). Memahami Penelitian Kualitatif Jakarta : PT Rineka Cipta
Effendy, Onong Uchjana. (2000) Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi Bandung : PT. Citrat Adity Bakti
Prisgunanto, Ilham. (2006). Komunikasi Pemasaran, Strategi dan Taktik. Jakarta, Ghalia Indonedia
Edi Suryadi, 2018, Strategi Komunikasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Creswell, J, W. 2010, Reseacrh Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogjakarta PT Pustaka Pelajar
Ardianto, Elvinaro, 2009. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung Ferrinadewi,
Erna. 2008. Merek & Psikologi Konsumen : Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu
Dr. H.Salim, M.pd., Dr. Haidir, S.Ag., M.Pd., Penelitian Pnedidikan
Metode, Pendekatan, dan Jenis. Medan : Kencana
Saladin, Djaslim. 2003. Manajemen Startegi & Kebijakan Perusahaan. Bandung : Gameca Exact Bandung
Setiadi, J. Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Prenada Media
Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia ( Jakarta Gramedia, 2009 )
Dr, H, Rusydi Ananda, M.Pd Amiruddin, M.Pd (2017), Inovasi Pendidikan. Cv. Widya Puspita
Published
2022-10-17
How to Cite
DARNIKA, Yogi. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaigan Pedagang Online Di Pusat Pasar Medan. Acta Diurna: Jurnal Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 76-87, oct. 2022. ISSN 2620-6676. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/5428>. Date accessed: 01 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2022.18.2.5428.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.