Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaigan Pedagang Online Di Pusat Pasar Medan
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Persaingan Pedagang Online di Pusat Pasar Medan” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana strategi pemasaran dalam menghdapai persaingan di pusat pasar medan dan Apa saja kendala komunikasi pemasaran dalam menghdapai persaingan pedagang online di pusat pasar medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Teori yang digunakan
penelitian ini adalah Model Hierarki Efek. Hasil Pnelitian menunjukan bahwa strategi yang di gunakan para pedagang pusat pasar dan penjual online mulai dari penjualan tatap muka, iklan dan hubungan dengan masyarkat. Stretegi penjualan tatap muka yang di lakukan langsung ke konsumen yang ingin membeli, dari semua toko yang di teliti di pusat pasar medan mereka lebih banyak menggunakan pemasaran penjualan tatap muka dan hubungan masyarakat. Pemasaran penjual tatap muka sepreti mereka memasarkan dengan reseller dan dropship mereka. hambatan yang meraka dapat komunikasi antar satu dengan yang lain. Dengan ada nya komunikasi pesan yang tidak jelas dengan apa yang mereka berikan, seperti dengan contohnya mereka meberikan hutang kepada pelangga dengan senang, tetapi si pelanggan tidak membayarkan sesuai dengan komunkasi yang mereka sampaikan di awal.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Pedagang, Hambatan Komunikasi
References
Daryanto, 2014 Teori Komunikasi Malang Gunung Samudra
Sumawan, U., Puspitawati. H., Hariadi. A., Muki Ali, M., Gazali, M (2003). Strategi Periklanan Pada E- Commere Perusahan Top Dunia Penerbit Andi
Dr. Redi Panuju, M.Si.,2019 Komunikasi Pemasaran Pemasaran Sebagai Fejala Komunikasi. Edisi Pertama, Surabaya Prenandamedia Group
Bungin, Burhan. 2017. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan
Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Sendjaya, Sasa Djursa 2002. Teori Komunikasi. Jakarta UT
Rosady, Ruslan. (2008). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi,Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Kotler, Philip. (2005). Manajeman Pemasaran. Terjemahan : Benyamin Molan Jilid 1 Edisi 11. Jakrta : Indeks
Basrowi dan Suwandi (2008). Memahami Penelitian Kualitatif Jakarta : PT Rineka Cipta
Effendy, Onong Uchjana. (2000) Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi Bandung : PT. Citrat Adity Bakti
Prisgunanto, Ilham. (2006). Komunikasi Pemasaran, Strategi dan Taktik. Jakarta, Ghalia Indonedia
Edi Suryadi, 2018, Strategi Komunikasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Creswell, J, W. 2010, Reseacrh Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogjakarta PT Pustaka Pelajar
Ardianto, Elvinaro, 2009. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung Ferrinadewi,
Erna. 2008. Merek & Psikologi Konsumen : Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu
Dr. H.Salim, M.pd., Dr. Haidir, S.Ag., M.Pd., Penelitian Pnedidikan
Metode, Pendekatan, dan Jenis. Medan : Kencana
Saladin, Djaslim. 2003. Manajemen Startegi & Kebijakan Perusahaan. Bandung : Gameca Exact Bandung
Setiadi, J. Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Prenada Media
Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia ( Jakarta Gramedia, 2009 )
Dr, H, Rusydi Ananda, M.Pd Amiruddin, M.Pd (2017), Inovasi Pendidikan. Cv. Widya Puspita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).