PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN SANA STUDIO DALAM MEMASARKAN STUDIO OLAHRAGA DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Kegiatan bisnis di Indonesia saat ini sedang mengalami beberapa permasalahan terkait adanya penyebaran pandemi Covid-19 yang salah satunya adalah bisnis olahraga. Salah satu bisnis studio olahraga yang terdapat di Indonesia khususnya daerah Jakarta Selatan adalah SANA Studio. Sangat penting bagi SANA Studio untuk melakukan perencanaan komunikasi yang tepat agar jasa yang mereka jual tetap bisa bertahan selama pandemi Covid-19 berlangsung. Perencanaan komunikasi sendiri diartikan sebagai proses pengalokasian sumber daya komunikasi untuk mencapai tujuan organisasi. Sumber daya tersebut tidak saja mencakup media massa dan komunikasi antarpribadi, tapi juga setiap aktivitas yang dirancang untuk mengubah perilaku dan menciptakan keterampilan-keterampilan tertentu diantara individu dan kelompok dalam lingkup tugas-tugas yang dibebankan boleh organisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa SANA Studio telah menerapkan beberapa perencanaan komunikasi pemasaran dalam merespon adanya penyebaran pandemi Covid-19. Adapun beberapa program yang dijalankan antara lain adalah pelaksanaan kelas olahraga secara daring yang dapat diakses melalui aplikasi Zoom, pelaskanaan program yang berkolaborasi dengan brand olahraga, serta pelaksanaan program inti seperti 8 weeks challenge dan Womens 10K. Selain itu, terdapat media yang digunakan dalam proses pemasaran yang dilakukan yaitu menggunakan media sosial Instagram. Alasan penggunaan media sosial Instagram tersebut adalah karena saat ini Instagram merupakan media sosial yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya dengan ketersediaan fitur yang cukup lengkap sehingga memudahkan para pelaku bisnis dalam membuat konten pemasaran yang ingin dibuat
References
Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu
Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Cresswell, J. W. (2016). Pendeketan Metode
Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kriyanto, R. (2006). Teknik praktik riset
komunikasi. Jakarta: Kencana
Lexy J. Moleong. (1997). Metodologi Penelitian
Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosyda
Karya. .
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Straus, Anselm., & Corbin, Juliet. (2013). DasarDasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:
Pustaka Belajar.
Jurnal
Jayaningsih, A A Raka, and Ni Putu Yunita
Anggreswari. 2019. “Strategi Komunikasi
Pemasaran Objek Wisata Hidden Canyon
Dalam Meningkatkan Kunjungan
Wisata.” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial
3(1): 1–15.
Situs
Sanastudio.id., 2021.
[Online]
Available at: https://www.Sanastudio.id/

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).