ANALISIS BIBLIOMETRIK PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN LAYANAN DI KAWASAN WISATA HALAL
Abstract
Pendekatan bibliometrik ialah analisis yang dilakukan dengan tujuan sebagai mengembangkan bidang keilmuan yang diambil dari analisis jurnal atau artikel terdahulu yang dipilih melalui Web of Science, Scopus, Google Schoolar dan Semantic Schoolar. Tujuan menggunakan analisis bibliometrik ialah untuk mengetahui seberapa banyak jurnal dengan tema pengaruh komunikasi pemasaran digital terhadap peningkatan layanan di kawasan wisata halal . Tujuan penelitian ini adalah sebagai tolak ukur seberapa dalam digunakannya pemasaran dengan metode digital dalam peningkatan pelayanan terutama di kawasan wisata halal. Dengan elemen-elemen yang terdapat dalam teori komunikasi pemasaran dapat menambah pengetahuan serta mengubah keinginan pelaku usaha terutama pelaku usaha wisata halal dalam pemasaran untuk peningkatan pelayanan agar tidak menganggap remeh pemasaran dengan metode digital. Metode untuk mengukur kuantitas publikasi dilakukan dengan mengambil data dari Google schoolar dan Semantic schoolar kemudian dianalisis menggunakan Vos viewer. Hasil visualisasi tersebut akan dijelaskan secara rinci melalui dialog teori dan hasil analisis bibliometrik.
References
Iflah, I. (2020). Wisata Halal Muslim Milenial. Jurnal Common, 3(2), 153–166. https://doi.org/10.34010/common.v3i2.2601
Wibowo, M. G. (2020). Indeks Pariwisata Halal (Implementasi Fatwa DSN MUI Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata berdasarkan prinsip Syariah di kota Bukittinggi). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, X(2), 84–95.
Kusumaningrum, D. N., Fairuz, A. M., Putri, E. P., & Amalia, E. P. (2017). Trend Pariwisata Halal Korea Selatan. Senaspro, 855–865.
Elsa, Dian Febriyani, I. H. (2021). Analisis Faktor-Faktor Dalam Mengembangkan Pariwisata Halal di Banten. 22(1), 13–22.
Yusuf, M. (2020). PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN DESTINATION IMAGE TERHADAP PROVINSI SUMATERA BARAT PENDAHULUAN Sektor pariwisata merupakan faktor pendorong dalam kemajuan ekonomi dunia khusus di negara Indonesia . Industri pariwisata dapat mengahsilkan pendapatan melalui e. 17(2).
Gilang Widagdyo, K. (2015). Analisis Pasar Pariwisata Halal Indonesia. The Journal of Tauhidinomics, 1(1), 73–80.
Rudhy Dwi Chrysnaputra, & Wahjoe Pangestoeti. (2021). Pariwisata Halal Dan Travel Syariah Pasca Pandemi Covid 19. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 2(2), 151–172. https://doi.org/10.51339/nisbah.v2i2.316
Destiana, R., & Kismartini, K. (2020). Pemasaran Pariwisata Halal di Era Disrupsi: Studi Kasus Pulau Penyengat di Provinsi Kepulauan Riau. Society, 8(1), 278–299.
Halal, W., & Islam, S. (n.d.). Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Wisata Halal. 65–86.
Hefriansyah, H., Mailin, M., & ... (2020). Potensi Pengembangan Pariwisata Halal Kota Pematang Siantar. … and Sosial Sciences …, 191–206. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ICCOMSOS/article/view/8335
Husniati, A. M., & Maryam, M. (2020). Konstruksi Identitas Komunikasi Pemasaran Pariwisata Halal Aceh. Jurnal Jurnalisme, 9(1), 62–83. https://ojs.unimal.ac.id/jurnalisme/article/view/3099
Hakim, L. (2021). Digitalisasi Wisata Halal melalui Aplikasi Smartphone Dimasa Pendemi Covid-19. Journal of Islamic Management, 1(2), 136–147. https://doi.org/10.15642/jim.v1i2.556
Ferdiansyah H., Cipta E., Heryadi R., U. L. S. K. (2020). Pengembangan Pariwisata Halal Di Indonesia Melalui Konsep Development of Halal Tourism in Indonesia Through Smart Tourism Concept. Journal of Sustainable Tourism Research, 2(1), 30–34.
Jaelani, A. (2017). Halal Tourism Industry in Indonesia: Potential and Prospects. SSRN Electronic Journal, 76237. https://doi.org/10.2139/ssrn.2899864
Priliana, V. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Intention To Visit Wisatawan Muslim Pada Destinasi Wisata Halal Di Indonesia. Aghniya Jurnal Ekonomi Islam, 2, 645–665.
Muhajarah, K., & Hakim, L. (2021). Promoting Halal Tourism: Penggunaan Digital Marketing Communication dalam Pengembangan Destinasi Wisata Masjid. Al-Muttaqin: Jurnal Studi, Sosial, Dan …, 02(01), 34–42. http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/35
Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 78. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.12985
Lubis, M. Z. M. (2018). Prospek Destinasi Wisata Halal Berbasis OVOP ( One Village One Product). Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 3(1), 30–47.
Tri Wijayanti, Y. (2021). Komunikasi Pemasaran Wisata Halal Di Banyuwangi dan Gunungkidul. Jurnal Komunikasi, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol16.iss1.art5
Muntholib, A. (2020). Strategi Pengelolaan Wisata Halal pada Pondok Pesantren : Studi Kasus di Pesantren Wisata Annur 2 Bululawang Malang. … Journal of Islamic Economy, Finance, and …, 1–19. http://www.ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/840%0Ahttp://www.ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/download/840/560
Reza, V. (2020). Pariwisata Halal Dukung Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal An-Nahl : Jurnal Ilmu Syariah, 7(2), 106–112. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3669597/pariwisata-halal-dukung-pengembangan-ekonomi-indonesia
Satriana, E. D., & Faridah, H. D. (2018). Halal Tourism: Development, Chance and Challenge. Journal of Halal Product and Research, 1(2), 32. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.1-issue.2.32-43
Nugraha, Y. M. (2018). Analisis Potensi Promosi Pariwisata Halal Melalui E-. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, 3(2), 63–68.
Hermawan, E. (2019). Strategi Kementerian Pariwisata Indonesia Dalam Meningkatkan Branding Wisata Halal. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 7(2), 87–95.
Widyarini, W. (2020). Pemasaran Wisata Halal Di Indonesia Pasca Covid -19. Az Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 12(1), 2087–8117. http://202.0.92.5/syariah/azzarqa/article/view/2184

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).