Konstruksi Media Massa Dalam Pembentukan Stigma Masyarakat Mengenai Covid-19
Abstract
Jenis virus corona baru yaitu SARS-CoV-2, kependekan dari Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2. Yang biasa disebut COVID-19 menyebar ke seluruh dunia dengan sangat cepat dan memakan banyak korban. Ditengah pandemic yang terjadi, media ramai memberitakan dampak dari virus covid 19 tersebut yang muncul di layar kaca selama berminggu-minggu. Munculnya banyak pemberitaan dari media massa tersebut membentuk stigma yang berbeda beda oleh setiap masyarakat. Penelitian ini menggukan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif guna mengunggap konstruksi media massa di masa pandemi. Adapun hasil yang diperoleh adalah peran media massa dalam menciptakan sebuah konstruksi realitas dikalangan masyarkat sehingga membentuk stigma tersendiri mengenai pandemi. Dalam menyampaikan informasi dan edukasi media massa mampu menjadi sebuah rujukan terpercaya bagi masyarakat. Hal inilah yang menyebabkan media massa mampu mengkonstruksi realitas yang ada di masyarakat.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).