COMMUNICATION NETNOGRAPHY IN ONLINE GAMING COMMUNITIES ON DISCORD
Netnografi Komunikasi pada Komunitas Gaming Online di Discord
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi dalam beberapa dekade terakhir telah mengubah cara individu berinteraksi, memungkinkan terbentuknya komunitas online tanpa batas geografis, termasuk dalam industri game. Di Indonesia, industri game mobile mengalami pertumbuhan pesat, didukung oleh akses internet yang luas, dengan 79,5% populasi terhubung secara online pada tahun 2024. Aplikasi komunikasi seperti Discord telah menjadi platform utama komunitas gaming untuk berinteraksi, berkat fitur pesan, suara, dan video yang efektif. Discord memungkinkan pemain dari berbagai latar belakang untuk terhubung, membangun solidaritas, dan mengembangkan identitas komunitas. Penelitian ini menggunakan metode netnografi untuk menganalisis pola komunikasi dalam komunitas gaming di Discord. Pendekatan ini bertujuan memahami bagaimana interaksi virtual membentuk budaya, identitas, dan pola komunikasi unik yang memperkuat solidaritas antaranggota. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dan dokumentasi, dianalisis menggunakan teknik reduksi dan penyajian data. Penelitian ini menemukan bahwa komunikasi di komunitas gaming Discord tidak hanya mencakup diskusi terkait game, tetapi juga interaksi sosial yang mendukung ikatan kuat di antara anggotanya.
References
Arifah, Fara Hasna., & Yuli Candrasari. (2022). Pola Komunikasi Virtual dalam Komunitas Game Online (Studi Netnografi pada Komunitas Facebook Genshin Impact Indonesia Official). Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Komunikasi.Vol. 2. No. 2, Juli: 57–65.
Bagaskoro, Pulung Wahyu., & Agus Triyono. (2024). Gaya Komunikasi Influencer Game Mobile Legends pada Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal Netnografi Komunikasi (JNK). Vol 3, No. 1.
C. V. Wijaya., & S. Paramita. (2018). Komunikasi Virtual dalam Game Online (Studi Kasus dalam Game Mobile Legends). Jurnal Koneksi, Vol. 3, No. 1.
Kusumawardani, Syahrul Perdana. (2015). Game Online Sebagai Pola Perilaku (Studi Deskriptif Tentang Interaksi Sosial Gamers Clash Of Clans Pada Clan Indo Spirit). Jurnal UNAIR, Vol 4, No 2.
Lukito, Agung Rahmat., Wahyu Utamidewi., & Luluatu Nayiroh. (2022). Pola Komunikasi Komunitas Game Online Forza Horizon (Studi Etnografi Virtual Mengenai Pola Komunikasi dalam Grup Discord). Jurnal Heritage. Vol 10, No. 1.
Luthfyyah, A.A. Mutawakkil., J.W. Puspita., & L.S. Maharani. (2021). Cyberbullying di Media Sosial : Studi Netnografi pada Komentar Akun Youtube Rahmawati Kekeyi Putri Cantika. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 5. Desember: 225:232.
Mangunsong, Gabrilla., Syarifuddin Pohan.,& Elok Perwirawati. (2022). Netnografi Komunikasi pada Komunitas Fandom Army Indonesia. Jurnal Universitas Darma Agung. Vol. 7. Oktober: 38-51.
Nugraha, Prima Aji. (2018). Persepsi Komunitas Gamers terhadap Game Online (Studi Deskriptif tentang Persepsi Komunitas Gamers Surabaya terhadap Game Online Mobile Legends). https://repository.unair.ac.id/74764/
Rafiqoh, & Cindoswari, A. R. (2020). Pengaruh Media Online Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Tayangan Youtube Yusi Faddila. Scientia. Journal: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Vol 2, No. 3.
Raihan, Jade Putra., & Putri, Yuliani Rachma. (2018). Pola Komunikasi Group Discord Pubg.Indo.Fun melalui Aplikasi Discord. Jurnal Eproceedings Of Management, Vol 5, No 3.
Ricky,R., Sudrajat, R.H., & Pamungkas, Indra N.A. (2016). Pola Komunikasi Kelompok Game Online (Studi Virtual Etnografi pada Pengguna Game “Clash of Clans” Komunitas 1-Ron). Jurnal Eproceedings Of Management, Vol 3, No 1.
Rizal, Mochamad Syahrul., & Nur Maghfirah Aesthetika. (2022). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Discord dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal. Jurnal Medium.Vol 10. April: 19–27.
Rumengan, Israel., F.V.I.A Koagouw., & Johhny Samuel Kalangi. (2020). Pola Komunikasi dalam Menjaga Kekompakan Anggota Group Band Royal Worship Alfa Omega Manado. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/download/29668/28733
Sufah, Isna Faila., Nizaria Kusumastuti., & Nanda Attaya Satrio. (2023). Discord sebagai Sarana bagi para Gamers untuk Berinteraksi di Dunia Maya. Jurnal Prosiding Seminar Nasional, 509-521.
Waruwu, Dian Fermina Mawati. (2020). Ujaran Kebencian di Media Sosial (Studi Netnografi di Akun Instagram @prof.tjokhowie. Jurnal Aguna Ilmu Komunikasi. Vol. 1. Juli: 55-69.
Buku:
Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kozinets, Robert. (2019). Netnography: The Essential Guide to Qualitative Netnography Research. London: Sage.
Nasrullah, Rulli. (2019). Etnografi Virtual Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Priyowidodo, Gatut. (2021). Monografi Netnografi Komunikasi; Penerapan dalam Penelitian di Tiga Bidang. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Artikel dalam Internet:
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Chin, Monica (June 30, 2020). "Discord raises $100 million and plans to move beyond gaming". The Verge. Diakses tanggal Oktober 19, 2024.
Dihni, Vika Azkiya. (2022). 10 Negara dengan Jumlah Pemain Video Game Terbanyak di Dunia (Januari 2022). https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/950b8ba78451f97/jumlah-gamers-indonesia-terbanyak-ketiga-di-dunia
Rightman, James (January 26, 2016). "Jason Citron lands $20m for Discord". gamesindustry.biz. Gamer Network Ltd. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 19, 2024. Diakses tanggal July 19, 2024.
Sioningrum, Niken Dwi. (2023). Apa Itu Discord, Aplikasi yang Sedang Viral Digunakan. https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7116264/apa-itu-discord-aplikasi-yang-sedang-viral-digunakan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).