PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMKN 1 PURWOKERTO

  • Dwi Andi Purnomo SMKN 1 Purwokerto

Abstract

danya pengaruh model pembelajaran terhadap siswa dapat dilihat dari hasil belaar yang
dicapai. Salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk memberi motivasi dan hasil
belajar siswa adalah model Kooperatif Tipe Jigsaw. Model ini digunakan pada pembelajaran
mata pelajaran matematika kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia SMKN 1 Purwokerto.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tujuan dari penelitian
eksperimen ini adalah untuk menyelidiki apakah ada: (1) Pengaruh pembelajaran model Jigsaw
dan model konvensional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Pengaruh pembelajaran
model Jigsaw dan model konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (3) pengaruh
antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen kuasi yaitu pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasin dan hasil belajar
siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Multimedia SMKN 1 Purwokerto. Analisis data
menggunakan uji t independent dan t dependent, serta analisis regresi sederhana. Hasil penelitian
diperoleh kesimpulan: (1) Motivasi belajar siswa pada kelompok pembelajaran model Jigsaw
lebih tinggi dibandingkan kelompok konvensional. (2) Hasil belajar siswa pada kelompok
pembelajaran model Jigsaw lebih tinggi dibandingkan kelompok konvensional. (3) Motivasi
belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Jadi dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar
siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model
pembelajaran konvensional.

Author Biography

Dwi Andi Purnomo, SMKN 1 Purwokerto

Dwi Andi Purnomo merupakan pengajar Matematika di SMKN 1 Purwokerto sekaligus wakil
kepala sekolah bagian kesiswaan.

Published
2018-05-01
How to Cite
PURNOMO, Dwi Andi. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMKN 1 PURWOKERTO. Widya Komunika, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 66-81, may 2018. ISSN 2686-1968. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1396>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2018.8.1.1396.