Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

1. Artikel berupa hasil penelitian, baik penelitian lapangan maupun kajian pustaka, atau yang setara dengan hasil penelitian, serta kajian konseptual di bidang komunikasi dan pendidikan.

2. Artikel ditulis dengan Bahasa Indonesia. Bila artikel yang ditulis merupakan hasil penelitian, maka isi artikel berupa abstrak, latar belakang, permasalahan, tinjauan pustaka, metode, hasil, pembahasan penelitian, kesimpulan dan saran, serta daftar referensi (dengan minimal 30% referensi bersumber dari Jurnal Ilmiah, jumlah minimal referensi 10 buah, dan usia maksimal referensi tidak lebih dari 10 tahun, serta bukan dari personal blog). Bila artikel yang ditulis merupakan hasil pengkajian maka isi artikel berupa abstrak, latar belakang, permasalahan, tinjauan pustaka, metode pengkajian yang dilakukan, hasil dan pembahasan pengkajian ilmiah, kesimpulan, serta daftar referensi (dengan minimal 30% referensi bersumber dari Jurnal Ilmiah, jumlah minimal referensi 20 buah, dan usia maksimal referensi tidak lebih dari 10 tahun, serta bukan dari personal blog). 

3. Penulisan abstrak ditulis sebanyak 100-300 kata, ditulis dalam spasi tunggal (1 spasi) dengan huruf miring serta dilengkapi dengan kata-kata kunci/keywords (maksimal 5 kata yang relevan). 

4. Panjang naskah 10 – 20 (maksimal) halaman A4 sudah termasuk bagan, tabel, gambar/foto, dan referensi (bila ada).

5. Pengetikan menggunakan Program Microsoft Word, spasi satu setengah (1,5 spasi), jenis huruf Times New Roman, ukuran 12. Margin kanan-kiri, atas bawah 3 cm.

6. Komposisi artikel hasil penelitian : (1) Judul (maksimal 15 kata), (2) Nama Penulis (tanpa gelar), di bawah nama penulis dicantumkan afiliasi institusi pekerjaan penulis dan email penulis, (3) Abstrak dalam Bahasa Indonesia, (4) Kata-kata Kunci (Keywords), (5) Pendahuluan (tanpa sub judul), (6) Metodologi Penelitian bila artikel berasal dari hasil penelitian atau metode pengkajian bila merupakan hasil pemikiran/berupa konseptual, (7) Tinjauan Pustaka, (8) Hasil dan Pembahasan, (9) Kesimpulan (dan Saran bila perlu), (10) Daftar Pustaka (hanya memuat kepustakaan yang dirujuk dalam artikel saja).

7. Komposisi artikel konseptual/hasil pengkajian ilmiah: (1) Judul, (2) Nama Penulis (tanpa gelar), di bawah nama penulis dicantumkan afiliasi institusi/alumni dan email, (3) Abstrak/A bstract, (4) Kata Kunci, (5) Pendahuluan (tanpa sub judul), (6) subjudul-subjudul sesuai kebutuhan, (7) Penutup, (8) Daftar Pustaka (hanya membuat kepustakaan yang dirujuk dalam artikel).

8. Penulisan kutipan dibuat dengan catatan perut (running text) yang membuat nama belakang pengarang, tahun penulisan, dan halaman penulisan.

9. Contoh :

Satu penulis : ...(Mc Quail, 1994:23)

Dua penulis : ...(Green dan Vivian, 2009:56)

Lebih dari dua penulis : ...(Chesney, dkk, 1998:6)

10. Penulisan daftar pustaka buku menggunakan model APA: Nama Belakang, Nama Depan. Tahun Penerbitan. Judul Buku (Cetak Miring). Kota: Penerbit. Contoh : Conboy, Martin. 2003. The Press and Popular Culture. London: Sage Publication. Bila penulis sudah memiliki tool mendeley diperbolehkan dan diminta menggunakannya dengan konsisten dalam penulisan daftar pustaka.

11. Penulisan daftar pustaka Jurnal Ilmiah menggunakan gaya APA: Nama Belakang, Nama Depan. Tahun Penerbitan. Judul Artikel. Nama Jurnal, Volume/Edisi. No. Tahun. Penerbit. Dikutip Dalam (alamar website jurnal atau DOI artikel). Bila penulis sudah memiliki tool mendeley diperbolehkan dan diminta menggunakannya dengan konsisten dalam penulisan daftar pustaka.

12. Sertakan Curriculum Vitae singkat penulis di akhir tulisan (nama, email, nama institusi, no telepon/korespondensi).

13. Artikel disimpan dalam bentuk microsoft word (bisa diedit) dan di-submision ke: http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/about/submissions (bila diperlukan dapat menginfokan atau dikirim ke widyakomunikansoed@gmail.com atau bektiis@yahoo.com paling lambat satu bulan sebelum periode penerbitan setiap tahunnya (Terbit setiap bulan April dan Oktober).