PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN SANA STUDIO DALAM MEMASARKAN STUDIO OLAHRAGA DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Rega Ervanto Universitas Pembangunan Jaya

Abstract

Kegiatan bisnis di Indonesia saat ini sedang mengalami beberapa permasalahan terkait adanya penyebaran pandemi Covid-19 yang salah satunya adalah bisnis olahraga. Salah satu bisnis studio olahraga yang terdapat di Indonesia khususnya daerah Jakarta Selatan adalah SANA Studio. Sangat penting bagi SANA Studio untuk melakukan perencanaan komunikasi yang tepat agar jasa yang mereka jual tetap bisa bertahan selama pandemi Covid-19 berlangsung. Perencanaan komunikasi sendiri diartikan sebagai proses pengalokasian sumber daya komunikasi untuk mencapai tujuan organisasi. Sumber daya tersebut tidak saja mencakup media massa dan komunikasi antarpribadi, tapi juga setiap aktivitas yang dirancang untuk mengubah perilaku dan menciptakan keterampilan-keterampilan tertentu diantara individu dan kelompok dalam lingkup tugas-tugas yang dibebankan boleh organisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa SANA Studio telah menerapkan beberapa perencanaan komunikasi pemasaran dalam merespon adanya penyebaran pandemi Covid-19. Adapun beberapa program yang dijalankan antara lain adalah pelaksanaan kelas olahraga secara daring yang dapat diakses melalui aplikasi Zoom, pelaskanaan program yang berkolaborasi dengan brand olahraga, serta pelaksanaan program inti seperti 8 weeks challenge dan Womens 10K. Selain itu, terdapat media yang digunakan dalam proses pemasaran yang dilakukan yaitu menggunakan media sosial Instagram. Alasan penggunaan media sosial Instagram tersebut adalah karena saat ini Instagram merupakan media sosial yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya dengan ketersediaan fitur yang cukup lengkap sehingga memudahkan para pelaku bisnis dalam membuat konten pemasaran yang ingin dibuat

References

Buku
Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu
Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Cresswell, J. W. (2016). Pendeketan Metode
Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kriyanto, R. (2006). Teknik praktik riset
komunikasi. Jakarta: Kencana
Lexy J. Moleong. (1997). Metodologi Penelitian
Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosyda
Karya. .
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Straus, Anselm., & Corbin, Juliet. (2013). DasarDasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:
Pustaka Belajar.
Jurnal
Jayaningsih, A A Raka, and Ni Putu Yunita
Anggreswari. 2019. “Strategi Komunikasi
Pemasaran Objek Wisata Hidden Canyon
Dalam Meningkatkan Kunjungan
Wisata.” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial
3(1): 1–15.
Situs
Sanastudio.id., 2021.
[Online]
Available at: https://www.Sanastudio.id/
Published
2022-10-17
How to Cite
ERVANTO, Rega. PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN SANA STUDIO DALAM MEMASARKAN STUDIO OLAHRAGA DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 118-126, oct. 2022. ISSN 2620-6676. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/5336>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2022.18.2.5336.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.