Konstruksi Media Massa Dalam Pembentukan Stigma Masyarakat Mengenai Covid-19

  • Rohmatin Alfianistiawati Universitas Negeri Malang

Abstract

Jenis virus corona baru yaitu SARS-CoV-2, kependekan dari Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2. Yang biasa disebut COVID-19 menyebar ke seluruh dunia dengan sangat cepat dan memakan banyak korban. Ditengah pandemic yang terjadi, media ramai memberitakan dampak dari virus covid 19 tersebut yang muncul di layar kaca selama berminggu-minggu. Munculnya banyak pemberitaan dari media massa tersebut membentuk stigma yang berbeda beda oleh setiap masyarakat. Penelitian ini menggukan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif guna mengunggap konstruksi media massa di masa pandemi. Adapun hasil yang diperoleh adalah peran media massa dalam menciptakan sebuah konstruksi realitas dikalangan masyarkat sehingga membentuk stigma tersendiri mengenai pandemi. Dalam menyampaikan informasi dan edukasi media massa mampu menjadi sebuah rujukan terpercaya bagi masyarakat. Hal inilah yang menyebabkan media massa mampu mengkonstruksi realitas yang ada di masyarakat.

Published
2021-10-25
How to Cite
ALFIANISTIAWATI, Rohmatin. Konstruksi Media Massa Dalam Pembentukan Stigma Masyarakat Mengenai Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 17, n. 2, oct. 2021. ISSN 2620-6676. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/4279>. Date accessed: 01 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2021.17.2.4279.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.