Persepsi Mahasiswa Fisip Unsoed terhadap Pengaruh Video Pendek dalam Efektivitas Pembelajaran di Kelas

  • Rizki Maulana Riwayanto Jurusan Administrasi Publik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Ghesfira Lintang Az Zahra Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

Abstract

Konsumsi media sosial, terutama video pendek, kini menjadi bagian penting dalam kehidupan mahasiswa. Platform seperti TikTok, Instagram Reels, dan YouTube Shorts menawarkan konten yang mudah diakses dan menarik bagi generasi muda. Namun, kecenderungan mengonsumsi video pendek secara berlebihan dapat mempengaruhi perhatian dan konsentrasi mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh video pendek terhadap perhatian mahasiswa dalam konteks akademik. Dengan pendekatan kualitatif fenomenologi, penelitian ini menggali pengalaman mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman yang sering mengakses video pendek. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi video pendek dapat menurunkan fokus dan konsentrasi mahasiswa, sehingga berdampak negatif pada kualitas pembelajaran dan hasil akademik. Temuan ini menggarisbawahi perlunya kebijakan yang mengatur penggunaan media sosial dalam konteks pendidikan.


Kata Kunci: video pendek, rentang perhatian, pembelajaran, media sosial, pendidikan tinggi.

References

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.
Amane, A. P. O., Kertati, I., Hastuti, D., Shodiq, L. J., & Ridho’i, M. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Persperktif bidang ilmu Sosial (Efitra & Sepriano (eds.); Edisi Pert). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Anisah, N., Sartika, M., & Kurniawan, H. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Pada Mahasiswa. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 4(2), 94. https://doi.org/10.22373/jp.v4i2.11080
Apasrawirote, D., Yawised, K., Chatrangsan, M., & Muneesawang, P. (2022). Short-form Video Content (SVC) Engagement and Marketing Capabilities. Asian Journal of Business and Accounting, 15(2), 221–246. https://doi.org/10.22452/ajba.vol15no2.8
Arifin, A. S. (2023). Human Capital Investment: Meningkatkan Daya Saing Global Melalui Investasi Pendidikan. Jurnal Education and Development, 11(2), 174–179. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4672
Bapada Pusat Statistik. (2024). Jumlah Penduduk Usia 15 Tahun ke Atas Menurut Golongan Umur. BPS Indonesia. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NzE1IzI=/jumlah-penduduk-usia-15-tahun-ke-atas-menurut-golongan-umur.html
Bradbury, N. A. (2016). Attention span during lectures: 8 seconds, 10 minutes, or more? Advances in Physiology Education, 40(4), 509–513. https://doi.org/10.1152/advan.00109.2016
Cairney, P., & Oliver, K. (2017). Evidence-based policymaking is not like evidence-based medicine, so how far should you go to bridge the divide between evidence and policy? Health Research Policy and Systems, 15(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12961-017-0192-x
Carolin, I., Victoria, G. D., Dina, S., & Nastain, M. (2023). Pengaruh Penggunakan New Media Tiktok Terhadap Pembentukan Konsep Diri Generasi Muda Indonesia 2022. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i1.509
Fernando, R., & Hidayat, R. (2020). Hubungan Lama Penggunaan Media Sosial dengan Kejadian Insomnia pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Tahun 2020. Jurnal Ners, 4(2), 84. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners/article/view/1117
Fillmore, H. A. (2015). The effect of daily internet usage on a short attention span and academic performance .
Harahap, S. A. R., & Syamsuri, M. U. A. (2021). Pembangunan Ekonomi Islam Melalui Peran Sumber Daya Manusia. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 6(1), 1. https://doi.org/10.24235/jm.v6i1.7305
Kemahasiswaan FISIP Unsoed. (2024). Data Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Politik Universitas Jenderal Soedirman.
Khairiah. (2019). Evaluasi Program Tridarma Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia Menuju World Class University Pada Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Nuansa : Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan, 12(1), 58–69. https://doi.org/10.29300/nuansa.v12i1.2106
Kusnanto, Gudiato, C., Usman, Manggu, B., & Sumarni, M. S. (2024). Transformasi Era Digitalisasi Masyarakat Kontemporer.
Leuwol, N. V., Wula, P., Marzuki, B. P. I., Brata, D. P. N., Masrul, M. Y. E., Sahri, Ahdiyat, M., Sari, I. N., Gusty, S., Nugraha, N. A., Bungin, E. R., Purba, B., & Anwar, A. F. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi. In Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu.
Liu, Y., Chiu, D. K. W., & Ho, K. K. W. (2023). Short-Form Videos for Public Library Marketing: Performance Analytics of Douyin in China. Applied Sciences (Switzerland), 13(6). https://doi.org/10.3390/app13063386
Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, 1(1).
Marayasa, I. N., Sugiarti, E., & Septiowati, R. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia Menghadapi Tantangan Perubahan dan Meraih Kesuksesan. In Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (Vol. 6, Issue 2).
Oliver, K., Lorenc, T., & Innvær, S. (2014). New directions in evidence-based policy research: a critical analysis of the literature. Routledge Handbook of Deradicalisation and Disengagement, 11–25. https://doi.org/10.4324/9781315387420-3
Ramadhan, D. F., Janarwiguna, D., Haq, Z., Karimi, A., & Rakhmawati, N. A. (2024). Analisis Hasil Asesmen Pribadi Rentang Perhatian Mahasiswa Sistem Informasi ITSS Pengonsumsi Konten Video Pendek di Media Sosial. June.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95.
Septiana, N. Z. (2021). Dampak Peggunaan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Dan Kesejahteraan Sosial Remaja Dimasa Pandemi Covid-19. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.29407/nor.v8i1.15632
Sijercic, A. (2023). TikTok Effects on the Attention Span. Digital Reflections. https://medium.com/digital-reflections/tiktok-effect-on-attention-span-12211b0a06a1#:~:text=A recent study found that
Siregar, D. R. S., Ratnaningsih, S., & Nurochim, N. (2022). Pendidikan Sebagai Investasi Sumber Daya Manusia. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.24127/edunomia.v3i1.3017
Wahyudi, R. A., Wibawa, F. A., & Fadhilah, M. H. (2024). Pengaruh Konten Short Video pada Kondisi Psikologis Manusia. Pediaqu: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 15(1), 37–48.
Wang, Y. (2020). Humor and camera view on mobile short-form video apps influence user experience and technology-adoption intent, an example of TikTok (DouYin). Computers in Human Behavior, 110(February). https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106373
Published
2024-11-14
How to Cite
RIWAYANTO, Rizki Maulana; ZAHRA, Ghesfira Lintang Az. Persepsi Mahasiswa Fisip Unsoed terhadap Pengaruh Video Pendek dalam Efektivitas Pembelajaran di Kelas. Public Policy and Management Inquiry, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 24-38, nov. 2024. ISSN 2714-626X. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/ppmi/article/view/14183>. Date accessed: 21 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.ppmi.2024.8.2.14183.
Section
Articles