Survei Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19: Tinjauan Di Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Abstract
Sampai saat ini, belum ada pihak manapun yang memberikan pernyataan bahwa pandemi virus corona (Covid-19) sudah selesai. Bahkan cenderung menunjukkan penularan yang angkanya masih fluktuatif. Hal ini dapat berdampak pada keterlaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah tanpa terkecuali pada pembelajaran pendidikan jasmani di setiap jenjang pendidikan termasuk pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jalannya proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Indramayu pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei dengan instrumen berupa kuesioner dalam bentuk google form. Sebanyak 374 responden yang terdiri dari guru pendidikan jasmani, siswa, dan orang tua murid telah memberikan tanggapannya. Hasilnya menunjukan bahwa proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Indramayu dilaksanakan sesuai keadaan (daring, luring, dan gabungan). Terungkap juga bahwa beberapa responden belum begitu menguasai penggunaan gadget sehingga muncul kesulitan dalam proses pembelajaran dan pengumpulan tugas. Akan tetapi, hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya bantuan dari sekolah, peran guru penjas, penyesuaian siswa dalam belajar, dukungan orang tua, dan penggunaan media untuk pembelajaran sehingga pembelajaran tetap berjalan dengan baik. Kesimpulannya bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Indramayu dominan dilaksanakan secara daring dengan beberapa kesulitan serta mengatasinya melalui berbagai peran yang terlibat sehingga pembelajaran tetap berjalan lancar
References
Cahyono, T. T., Resita, C., & Hidayat, A. S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot, 3(3), 314–328. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i3.806
Elina, E., Azhar, S., & Bahri, S. (2021). Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Masa Pandemi Covid-19 Kelas 2 di SDN Cibodas 2 Tangerang. Jurnal Halaqah, 3(4), 114–120. Retrieved from http://ejournal.pamaaksara.org/index.php/hal/article/view/295
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186
Hudah, M., Widiyatmoko, Ari, F., Pradipta, G. D., & Maliki, O. (2020). Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Masa Pandemi Covid-19 Di Tinjau Dari Penggunaan Media Aplikasi Pembelajaran Dan Usia Guru. Jurnal Porkes, 3(2), 93–102.
Indriyani, & Hardiansyah, M. A. (2022). Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sma. 6, 6–11. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v6i1.54514
Lestari, N., Mardyansyah Simbolon, M. E., Monica, M., Armanto, T., & Alfarras, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio Visual saat Pandemi Covid-19 di Bangka Belitung. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 1. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4231
Nasution, A. A. B., Hutauruk, A. F., & Ginting, A. M. (2022). Tantangan Masa Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 16 Medan. Mukadimah :Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu - Ilmu Sosial, 6(1), 114–122. Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/5086
Noor, T. R., & Monita, E. (2021). Efisiensi Alokasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 6(1), 51–58.
Noviardila, I. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bola, 3(1), 1–21. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/bola.v3i1.1013
Parma, R., Hudayani, F., & Asnaldi, A. (2022). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Masa Pandemi. 7, 31–38.
Prasetyawan, A. F., Kaawoan, J. E., & Pangemanan, F. N. (2022). Dampak Sosial Kemasyarakatan Akibat Pandemi Covid-19 di Kelurahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu. Jurnal Governance, 2(1), 1–12.
Putra, W. A., & Damanik, S. A. (2021). Implementasi Pembelajaran Pjok Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd Negeri Se-Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Prestasi, 5(2), 59. https://doi.org/10.24114/jp.v5i2.28857
Rahmah, N., Safruddin, S., & Saputra, H. H. (2022). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran PJOK Via Daring di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 539–546. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.549
Ramadhanty, B. N. (2022). Proses Pembelajaran dan Media Pembelajaran Bahasa Jepang Secara Daring pada Siswa Kelas XII BDP 4 dan XII OTP 2 di SMKN 1 Magetan. 19.
Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 257–265. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343
Setiawan, A., Anwar, K., & Oktriani, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Penjas Pada Masa Pandemic Covid-19 Dikelas Vi Sd Se-Kecamatan Karangampel. Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(1), 9–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v5i1.5889
Setiawan, A., Oktriani, S., & Mulya, A. (2022). The Implementation of Physical Education Learning during Covid-19 Pandemic at Islamic Elementary School. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 5(2), 125–129. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/tegar.v5i2.46180
Simbolon, M. E. M., Rakhman, A., & Nurhalimah. (2021). Dampak Pandemic Covid-19 Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Sekolah Dasar Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 2(1).
Yusuf, M., & Pramono, H. (2022). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran Penjas di Rumah saat Pandemi Covid-19. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/inapes.v3i1.56002
Zulfikar, M., Irfan, I., Hasbunallah, H., Latuheru, R. V., Hasyim, A. H., & Haris, I. N. (2022). Problematika Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Pendidikan Jasmani. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Keolahragaan, 2(1), 26–32. Retrieved from http://conference.um.ac.id/index.php/ss/article/view/3065

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.