Analisis Kebutuhan Aplikasi M-Learning (Flipped Learning & Podcasting) Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Olahraga
Abstract
Menganalisis kebutuhan terhadap implementasi flipped learning dan podcasting merupakan salah satu cara yang tepat untuk mendesain model pengajaran yang sesuai keinginan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan produk flipped learning dan podcasting pada mata kuliah kewirausahaan di Jurusan PKO FIK UM tahun 2021. Metode penilitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif eksploratif dengan melibatkan 34 peserta didik Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Semester VII, Universitas Negeri Malang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen dan observasi. Data diolah dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis data sampai tahap penyimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebanyak 23 peserta didik setuju, 3 peserta didik memilih netral, dan 1 peserta didik memilih tidak setuju jika menggunakan metode pembelajaran menggunakan flipped learning dan podcasting. Kesimpulannya, metode pembelajaran menggunakan flipped learning dan podcasting yang dimuat pada spotify sangat diperlukan untuk dikembangkan dan diterapkan pada pengajaran mata kuliah kewirausahaan.
References
Al Anshori, F. (2020). Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Biogenerasi, 5(1), 1–6.
Ariyanto, L., Rahmawati, N. D., & Haris, A. (2020). Pengembangan Mobile Learning Game Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. JIPMat, 5(1).
Aznar-díaz, I., & María-pilar, C. (2020). Computers & Education Analysis of the determining factors of good teaching practices of mobile learning at the Spanish University . An explanatory model. 159(August). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104007
Brown, A., & Green, T. (2018). Issues and Trends in Instructional Technology : Consistent Growth in Online Learning , Digital Content , and the Use of Mobile Technologies. 61–71. https://doi.org/10.1007/978-3-319-67301-1
Capone, R., Caterina, P. De, & Mazza, G. (2017). Blended Learning , Flipped Classroom and Virtual Environment : Challenges and Opportunities for the 21st Century Students Blended Learning , Flipped Classroom And Virtual Environment : Challenges And Opportunities For The 21st Century Students. July. https://doi.org/10.21125/edulearn.2017.0985
Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z Dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi Dalam Perspektif Budaya Jawa. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(2), 84–105.
Crompton, H., & Burke, D. (2018). The use of mobile learning in higher education: A systematic review. Computers & Education, 123, 53–64.
Hasanudin, C., & Fitrianigsih, A. (2019). Analisis gaya belajar mahasiswa pada pembelajaran flipped classroom. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 31–36.
Hew, K. F., & Lo, C. K. (2018). Flipped classroom improves student learning in health professions education : a meta-analysis. 1–12.
Iriansyah, H. S. (2020, November). Membangun Kreatifitas Guru Dengan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 1-6).
Jensen, J. L., Kummer, T. A., & Godoy, P. D. M. (2015). Improvements from a Flipped Classroom May Simply Be the Fruits of Active Learning. 14, 1–12. https://doi.org/10.1187/10.1187/cbe.14-08-0129
Junaidi, I. A. (2018). Pengetahuan Entrepreneurship Terhadap Aplikasi Dalam Bidang Olahraga. Jendela Olahraga, 3(2). https://doi.org/10.26877/JO.V3I2.2638
Julinar, J., & Yusuf, F. N. (2019). Flipped Learning Model: Satu Cara Alternatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(3), 366-373.
Låg, T. (2019). Does the Flipped Classroom Improve Student Learning and Satisfaction ? A Systematic Review and Meta-Analysis. 5(3), 1–17. https://doi.org/10.1177/2332858419870489
Lee, M. J. W., & Chan, A. (2007). Pervasive , lifestyle-integrated mobile learning for distance learners : an analysis and unexpected results from a podcasting study. 22(3), 201–218. https://doi.org/10.1080/02680510701619810
Nurhuda, N. I., & Hendrawan, B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori Dan Kinestetik (VAK) Berbantuan Media Jam Sudut Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 14-20.
Powell, C. B., & Mason, D. S. (2013). Effectiveness of Podcasts Delivered on Mobile Devices as a Support for Student Learning During General Chemistry Laboratories. 148–170. https://doi.org/10.1007/s10956-012-9383-y
Pratama, U. N. (2020). Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Seni Pertunjukan Berdasarkan Modalitas Preferensi Sensori. JINOTEP Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 7(2), 107–115.
Rockhill, C., Pastore, D., & Johnston, D. (2019a). Leisure , Sport & Tourism Education The e ff ectiveness of podcasts in sport management education. 25(February). https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2019.100211
Rockhill, C., Pastore, D., & Johnston, D. (2019b). The effectiveness of podcasts in sport management education. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 25, 100211. https://doi.org/10.1016/J.JHLSTE.2019.100211
Sari, A. K. (2014). Analisis karakteristik gaya belajar vak (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan informatika angkatan 2014. Edutic-Scientific Journal of Informatics Education, 1(1).
Strelan, P., Osborn, A., & Palmer, E. (2020). The flipped classroom : A meta-analysis of effects on student performance across disciplines and education levels. Educational Research Review, 30(January), 100314. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100314
Tanamir, M. D., Putri, R. E., & Pertiwi, S. (2020). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Remaja Di Korong Sijangek Kenagarian Sungai Durian Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. Curricula : Journal of Teaching and Learning; Vol 5, No 1 (2020). http://ejournal.lldikti10.id/index.php/curricula/article/view/v5i1-5035/1777
Tsitskari, L. E., & Science, S. (2012). A Comparison Of Student Satisfaction Between Traditional And Blended Technology Course. January, 137–147.
Wu, W., Wu, Y. J., Chen, C., Kao, H., & Lin, C. (2012). Computers & Education Review of trends from mobile learning studies : A meta-analysis. Computers & Education, 59(2), 817–827. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.03.016

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.