Mental Imagery: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Mental Imagery: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya motivasi siswa dalam menampilkan performa pembelajaran Pendidikan Jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran penjas melalui metode latihan mental imagery. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan selama 4 minggu dengan intensitas pertemuan satu kali dalam seminggu, total ada 8 kali pertemuan, pada bulan Mei – Juni 2021. Sampel didapat melalui total sampling sebanyak 19 siswa. Data dikumpulkan melalui pretest dan postest. Data dianalisis menggunakan SPSS menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan mental imagery sangat cocok diterapkan pada siswa karena dengan metode latihan mental imagery motivasi belajar siswa dapat meningkat. Karena dengan program latihan mental imagery siswa dapat mengeluarkan kemampuan terbaik. Siswa dapat membayangkan idolanya dalam menampilkan performa saat proses belajar berlangsung. Kesimpulan bahwa metode latihan mental imagery dapat meningkatkan mental siswa sehingga siswa dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Pada metode Latihan mental imagery terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan latihan imagery siswa dapat lebih banyak cara belajar dengan mengandalkan metode lain yaitu dari aspek psikologi
References
Agustan, B., Kusmaedi, N., Hendrayana, Y., Abduljabar, B., & Ginanjar, A. (2020). Modifikasi pembelajaran: hybrid sport education-invasion games competence model terhadap performa permainan bola basket. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 157–172. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14005
Carsiwan. (2016). Penerapan latihan imagery mental dalam pelatihan olahraga unggulan di provinsi jawa barat. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 8(1), 1–20.
Cumming, J., & Williams, S. E. (2012). The Role of Imagery in Performance. The Oxford Handbook of Sport and Performance Psychology, (June), 213–232. https://doi.org/10.13140/2.1.3274.5925
Fitriana, E. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Di Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Blado Batang. 180.
Juliantine, T., Subroto, T., & Yudiana, Y. (2013). Model-model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI Bandung.
Kamnuron, A., Hidayat, Y., & Nuryadi, N. (2020). Perbedaan Kepercayaan Diri Pada Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2394
Komarudin. (2016). Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kuan, G., & Roy, J. (2007). Goal profiles, mental toughness and its influence on performance outcomes among Wushu athletes. Journal of Sports Science and Medicine, 6(CSSI-2), 28–33.
Kusnandar, Friskawati, G. F., Kharisman, V. A., & Budi, D. R. (2021). Elementary Student’s Physical Activity during Pandemic Covid 19. Annals of Tropical Medicine & Public Health, 24(03), 10–16. https://doi.org/10.36295/asro.2021.24329
Latif, M., Faozi, F., Bakhri, R. S., Harja, F., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Minat Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sman 1 Cikembar. Physical Activity Journal, 1(1), 82. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2005
Lukman Arif, P. (2013). Pengaruh Mental Imagery Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Penguasaan Teknik Dasar Dribble Bola Basket Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 13–16.
Lukman Arif, P. (2013). Pengaruh Mental Imagery Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Penguasaan Teknik Dasar Dribble Bola Basket Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 13–16.
Moslem, M. C., Komaro, M., & Yayat. (2019). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 258–265. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21803
Nur, L., Malik, A. A., Juditya, S., Kastrena, E., Widyawan, D., Agustan, B., … Yang, C. B. (2020). Comparison of two types of instruction in physical education. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(10), 1785–1793. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I10/PR300205
Subarjah, H. (2017). Hasil Belajar Keterampilan Bermain Bulutangkis Studi Eksperimen Pada Siswa Diklat Bulutangkis FPOK-UPI. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.361
sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif & kualitatif. Journal of Experimental Psychology: General.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.