Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas

  • Amrizal Fadila Jurusan Pendidkan Jasmani, FIkes Universitas Jenderal Soedirman
  • Didik Rilastiyo Budi Jurusan Pendidkan Jasmani, FIkes Universitas Jenderal Soedirman
  • Arfin Deri Listiandi Jurusan Pendidkan Jasmani, FIkes Universitas Jenderal Soedirman
  • Ngadiman Ngadiman Jurusan Pendidkan Jasmani, FIkes Universitas Jenderal Soedirman
  • Rifqi Festiawan Jurusan Pendidkan Jasmani, FIkes Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Kurikulum adalah program yang dijadikan pedoman untuk pelaksanaan pembelajaran yang berisi materi pelajaran agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Kurikulum yang sedang diterapkan di Indonesia adalah Kuriukulum 2013. Mata pelajaran yang ada di dalam Kurikulum 2013 adalah Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.  Masalah yang timbul adalah guru belum menerapkan pembelajaran yang memacu keterlibatan aktif siswa, waktu pembelajaran tidak sesuai, sistem penilaian yang diterapkan belum sesuai standar Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PJOK Kurikulum 2013 di Kabupaten Banyumas Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Sampel pada penelitian ini yaitu 26 guru dan 828 siswa SMA Sederajat. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pelaksanaan pembelajaran PJOK pada aspek guru sebesar 85%, aspek siswa 82,8%, aspek pelaksanaan kompetensi inti 87,5%, aspek pelaksanaan proses pembelajaran  86,1%, aspek pelaksanaan penilaian 80,3%, aspek kegiatan pendahuluan 87,6%, aspek kegiatan inti 80,6%, dan aspek kegiatan penutup 76,6% .Kesimpulan berdasarkan analisis data menunjukkan pelaksanaan pembelajaran PJOK Kurikulum 2013 di Kabupaten Banyumas masuk kategori baik. penelitian selanjutnya perlu mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran penjas di jenjang Pendidikan yang berbeda, atau membandingkan metode evaluasi yang digunakan

References

Agustan, B., Kusmaedi, N., Hendrayana, Y., Abduljabar, B., & Ginanjar, A. (2020). Modifikasi pembelajaran: hybrid sport education-invasion games competence model terhadap performa permainan bola basket. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 157–172. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14005

Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534

Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2021). Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/xzh3g

Dewi, R. P., & Sepriadi, S. (2021). Minat Siswa SMP Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Masa New Normal. Physical Activity Journal, 2(2), 205. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.3988

Karisman, V. A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Terhadap Peningkatan Keterampilan Bermain Bola Voli. Physical Activity Journal, 2(1), 80. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.3096

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta.

Khudhori, M. (2015). Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) di SMA Negeri se-Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 211–214.

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural,. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80.

Kusuma, A. R. F. (2015). Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMA Negeri se Kabupaten Situbondo,. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 501–505.

Mulyasa. (2017). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur, L., Malik, A. A., Juditya, S., Kastrena, E., Widyawan, D., Agustan, B., … Yang, C. B. (2020). Comparison of two types of instruction in physical education. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(10), 1785–1793. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I10/PR300205

Pangaribuan, G. P., & Aufan, R. (2020). Survey Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Penjas Di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 35–45. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9805

Rojali, W. I., Ngadiman, Budi, D. R., Nurcahyo, P. J., & Febriani, A. R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal MensSana, 6(1), 92–99.

Rokim, M., & Nurhayati, F. (2016). Survei keterlaksanaan kurikulum 2013 pada guru PJOK di SMA Negeri se Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(1), 17–24.

Sugiyono, P. D. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, cv. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-10-31
How to Cite
FADILA, Amrizal et al. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 23-30, oct. 2021. ISSN 2686-5807. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/4350>. Date accessed: 15 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.3.1.4350.