Pembelajaran Lompat Jauh Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Pembelajaran Lompat menjadi salah satu materi yang diajarkan pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran lompat berbasis kontekstual, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran lompat jauh berbasis kontekstual, (3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tematik berbasis kontekstual. Metode Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas 5 SDN Bandungrejosari 1 berjumlah 28 orang dengan menggunakan Total Sampling. Sumber data diperoleh dari guru, siswa dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran lompat jauh berbasis kontekstual di SDN Bandungrejosari 1 sudah berjalan sebagai mana mestinya. Pelaksanaan pembelajaran lompat jauh berbasis kontekstual di SDN Bandungrejosari 1 masiah perlu ditingkatkan. Praktik pendekatan kontektual pada pembelajaraan lompat jauh masih kurang maksimal. Hal ini disebabkan guru kurang memahami dengan penerapan pendekatan pembelajaran lompat berbasis kontekstual. Terakhir, pelaksanaan evaluasi pembelajaran lompat jauh yang dipergunakan sudah sesuai dengan standar penilaian yang dipergunakan, meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.
References
Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534
Budi, D. R., Kusuma, M. N. H., Syafei, M., & Stephani, M. R. (2019). The Analysis of Fundamental Movement Skill in Primary School Student in Mountain Range. https://doi.org/10.2991/icsshpe-18.2019.56
Hanief, Y. N., Subekti, T. B. A., & Mashuri, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli melalui Permainan 3 on 3 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12414
Laila, Q. N., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Al, N., & Mojokerto, H. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Jenjang SD/MI. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI.
Qohhar, W., & Pazriansyah, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola. Physical Activity Journal, 1(1), 27–35. https://doi.org/doi:10.32424/1.paju.2019.1.1.1998
Rumini. (2014). Pembelajaran Permainan Kids Atlhletics Sebagai Wujud Pengembangan Gerak Dasar Atletik Pada Anak-Anak. Journal of Physical Education Health and Sport, 1(2). https://doi.org/10.15294/jpehs.v1i2.3208
Sayfei, M., Budi, D. R., Himawan Kusuma, M. N., & Listiandi, A. D. (2020). Identifikasi Keberbakatan Menggunakan Metode Australian Sport Search Terhadap Kesesuaian Cabang Olahraga Pada Anak Sekolah Dasar. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2285
Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513
Sidik, D. Z. (2010). Prinsip Prinsip Latihan Dalam Olahraga Prestasi (Rosda, ed.). Bandung.
Sina, I., & Pelariyanto, E. (2020). Pengaruh Latihan Skipping Terhadap Hasil Loncat Katak Pada Siswa Sekolah Dasar. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2471
Sugiyono, P. D. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, cv. Bandung: Alfabeta.
Yani, A., & Hasri, R. (2020). Hubungan Panjang Tungkai Dengan Kecepatan Lari 60 Meter Siswa Sekolah Dasar. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2423