SENI BERKISAH DI PANGGUNG: PELATIHAN STORY TELLING PUBLIC SPEAKING UNTUK MAHASISWA

  • Septia Winduwati Universitas Tarumanagara

Abstract

Kemampuan public speaking menjadi keterampilan esensial bagi mahasiswa, terutama dalam kegiatan akademik dan organisasi seperti BEM. Namun, banyak mahasiswa masih menghadapi tantangan berupa rasa gugup, gaya penyampaian yang kaku, dan kurangnya kemampuan membangun koneksi emosional dengan audiens. Menanggapi hal ini, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Universitas Tarumanagara menyelenggarakan pelatihan public speaking berbasis storytelling konversasional bagi anggota BEM FIKom UNTAR. Pelatihan ini dilaksanakan dalam bentuk workshop interaktif yang mencakup pemaparan materi, diskusi, dan praktik langsung. Teknik yang dikenalkan mencakup contextual storytelling, output leak, shocking data, dan uncommon question, dengan pendekatan yang partisipatif dan komunikatif. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri dan keterampilan komunikasi peserta, terutama dalam menyampaikan pesan secara naratif dan persuasif. Kegiatan ini juga mendorong tumbuhnya budaya komunikasi yang lebih humanis, reflektif, dan strategis dalam organisasi mahasiswa. Model pelatihan ini dinilai efektif dan relevan untuk diterapkan secara lebih luas guna mendukung pengembangan soft skill mahasiswa serta kesiapan mereka menghadapi tantangan di dunia profesional.


 

References

Dahlan, U. A., Fauziah, A. R., Haryanto, U., & Utomo, N. (2021). The Effectiveness of Public Speaking Training to Improve Student’s Self-Confidence. International Conference of Psychology, 1(1), 102–108. https://doi.org/10.26555/INTL
Grieve, R., Woodley, J., Hunt, S. E., & McKay, A. (2021). Student fears of oral presentations and public speaking in higher education: a qualitative survey. Journal of Further and Higher Education, 45(9), 1281–1293. https://doi.org/10.1080/0309877X.2021.1948509
I., B. O., N., V. I., V., L. M., & S., K. E. (2022). The Role of Communication Factors in the Development of Students’ Presentation Skills. Scientific Research and Development. Modern Communication Studies, 11(6), 50–58. https://doi.org/10.12737/2587-9103-2022-11-6-50-58
Julaihah, S. (2022). THE EFFECT OF THE STORYTELLING METHOD ON THE PUBLIC SPEAKING SKILL OF CADETS SURABAYA AVIATION POLYTECHNIC. Jurnal Penelitian, 7(1), 37–44. https://doi.org/10.46491/JP.V7I1.898
McNatt, D. B. (2019). Enhancing public speaking confidence, skills, and performance: An experiment of service-learning. International Journal of Management Education, 17(2), 276–285. https://doi.org/10.1016/J.IJME.2019.04.002
Nair, V., Md Yunus, M., Aznar-Díaz, I., Ma Ortega Tudela, J., & Kebangsaan Malaysia, U. (2021). A Systematic Review of Digital Storytelling in Improving Speaking Skills. Sustainability 2021, Vol. 13, Page 9829, 13(17), 9829. https://doi.org/10.3390/SU13179829
Pakpahan, F., Sadira, L., Syifah, N., Jodi, S., Panjaitan, E., Meisuri, W., & Kunci, K. (2025). The Effectiveness of Storytelling in Improving Speaking Skills of Junior High School Students. KIRANA : Social Science Journal, 2(2), 48–55. https://doi.org/10.61579/KIRANA.V2I2.474
Qumbisa, N., & Diba, N. (2024). Service-Learning Pedagogy: Student Experiences at a University of Technology. Proceedings of the International Conference on Education Research, ICER 2024, 306–315. https://doi.org/10.34190/ICER.1.1.2806
Zuhriyah, M. (2017). Storytelling to Improve Students’ Speaking Skill (Vol. 10, Issue 1). https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ENGEDU.
Published
2025-10-08
How to Cite
WINDUWATI, Septia. SENI BERKISAH DI PANGGUNG: PELATIHAN STORY TELLING PUBLIC SPEAKING UNTUK MAHASISWA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Administrasi Publik (APdimas), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-11, oct. 2025. ISSN 3064-2272. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jpm/article/view/17123>. Date accessed: 15 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/jpm.v2i2.17123.