Representation of Lecturers' Speech Power in Learning in The Mechanical Engineering Department of Semarang State Polytechnic Reviewed From A Sociopragmatic Perspective
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi kekuasaan dalam tuturan dosen selama proses pembelajaran di Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang dengan menggunakan pendekatan sosiopragmatik dan metode analisis wacana kritis. Penelitian ini menelaah bentuk-bentuk tuturan dosen yang mencerminkan kekuasaan serta konteks sosial yang melatarbelakanginya. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dan rekaman interaksi kelas dan wawancara semi terstruktur, lalu dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuasaan dosen direpresentasikan melalui lima jenis tindak tutur utama, yaitu: direktif (mengatur tindakan mahasiswa secara langsung), deklaratif (menetapkan aturan dan konsekuensi), representatif (menegaskan otoritas epistemik), ekspresif (mengelola emosi dan norma moral), dan komisif (menyampaikan komitmen sebagai bentuk negosiasi). Kelima jenis tindak tutur tersebut mencerminkan dinamika kekuasaan yang bersifat fungsional, situasional, dan dialogis dalam interaksi kelas vokasional. Studi ini menegaskan pentingnya kesadaran pragmatik dosen dalam mengelola relasi kekuasaan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang inklusif dan efektif.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under CC BY 4.0 .