Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth dan E-Servicescapes terhadap Kepercayaan Konsumen dan Minat Beli Online (Studi pada Pengguna E-commerce Shopee)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-WOM dan e-servicescapes terhadap kepercayaan konsumen dan minat beli online pada pengguna situs belanja online Shopee. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang merupakan pengguna internet aktif dan pernah menggunakan aplikasi e-commerce Shopee. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 107. Sampel diambil dengan metode purposive sampling. Data pada penelitian ini dianalisis dengan regresi linier bertahap meggunakan SPSS (Statistical Program Social Science). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM, daya tarik estetika, keamanan finansial berpengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen, sedangkan tata letak tidak memliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen, dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif terhadap minat beli online. Implikasi dari penelitian ini Shopee perlu membangun dan mengembangkan strategi promosi melalui komunikasi dari mulut ke mulut, meningkatkan pada aspek daya tarik estetika yang positif, serta meningkatkan keamanan finansial secara online