PENGARUH PENGGUNAAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI PADA MAPEL TEORI KEJURUAN SMKN 1 PURWOKERTO

  • Insan Insan SMKN 1 Purwokerto

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui pengaruh penggunaan Model Problem Based
Instruction terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen. Model PBI sebagai variabel bebas sedangkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa
sebagai variabel terikat. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 3 sebagai
kelas kontrol dan siswa kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan
sampel dengan Cluster Random Sampling.Teknik analisis data menggunakan Analisis deskriptif
statistic dilanjutkan dengan uji F (ANOVA). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa untuk variabel keaktifan belajar nilai F hitung (116,65) > nilai F tabel/critis (4,00), Nilai P-
value ( 0,00) < nilai probalitiy (α) 0,05. Untuk variabel hasil belajar nilai F hitung (9,03) > nilai F
tabel/critis (4,00), Nilai P-value (0,00) < nilai nilai probalitiy (α) 0,05. Terdapat perbedaan yang
signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan model Problem Based Instruction
dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan model problem based instruction.

Author Biography

Insan Insan, SMKN 1 Purwokerto

Insan, S.Pd, MM adalah Guru akuntansi di SMKN 1 Purwokerto

Published
2016-06-01
How to Cite
INSAN, Insan. PENGARUH PENGGUNAAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI PADA MAPEL TEORI KEJURUAN SMKN 1 PURWOKERTO. Widya Komunika, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 46-58, june 2016. ISSN 2686-1968. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1101>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2016.6.1.1101.