Pembelajaran Lompat Jauh Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Ratno Susanto IKIP Budi Utomo Malang

Abstract

Pembelajaran Lompat menjadi salah satu materi yang diajarkan pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan  perencanaan pembelajaran lompat  berbasis kontekstual, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran lompat jauh berbasis kontekstual, (3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tematik berbasis kontekstual. Metode Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas 5 SDN Bandungrejosari 1 berjumlah 28 orang dengan menggunakan Total Sampling. Sumber data diperoleh dari guru, siswa dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran lompat jauh berbasis kontekstual di SDN Bandungrejosari 1 sudah berjalan sebagai mana mestinya. Pelaksanaan pembelajaran  lompat jauh  berbasis kontekstual di SDN Bandungrejosari 1 masiah perlu ditingkatkan. Praktik pendekatan kontektual pada pembelajaraan lompat jauh masih kurang maksimal. Hal ini disebabkan guru kurang memahami dengan penerapan pendekatan  pembelajaran  lompat berbasis kontekstual. Terakhir, pelaksanaan evaluasi pembelajaran lompat jauh yang dipergunakan sudah sesuai dengan standar penilaian yang dipergunakan, meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.

References

Arisandi, A. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Bagi Anak Cerebral Palsy Kelas V.d Di SLB YPPLB Padang. In E-JUPEKhu(Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus).

Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534

Budi, D. R., Kusuma, M. N. H., Syafei, M., & Stephani, M. R. (2019). The Analysis of Fundamental Movement Skill in Primary School Student in Mountain Range. https://doi.org/10.2991/icsshpe-18.2019.56

Hanief, Y. N., Subekti, T. B. A., & Mashuri, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli melalui Permainan 3 on 3 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12414

Laila, Q. N., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Al, N., & Mojokerto, H. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Jenjang SD/MI. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI.

Qohhar, W., & Pazriansyah, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola. Physical Activity Journal, 1(1), 27–35. https://doi.org/doi:10.32424/1.paju.2019.1.1.1998

Rumini. (2014). Pembelajaran Permainan Kids Atlhletics Sebagai Wujud Pengembangan Gerak Dasar Atletik Pada Anak-Anak. Journal of Physical Education Health and Sport, 1(2). https://doi.org/10.15294/jpehs.v1i2.3208

Sayfei, M., Budi, D. R., Himawan Kusuma, M. N., & Listiandi, A. D. (2020). Identifikasi Keberbakatan Menggunakan Metode Australian Sport Search Terhadap Kesesuaian Cabang Olahraga Pada Anak Sekolah Dasar. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2285

Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513

Sidik, D. Z. (2010). Prinsip Prinsip Latihan Dalam Olahraga Prestasi (Rosda, ed.). Bandung.

Sina, I., & Pelariyanto, E. (2020). Pengaruh Latihan Skipping Terhadap Hasil Loncat Katak Pada Siswa Sekolah Dasar. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2471

Sugiyono, P. D. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, cv. Bandung: Alfabeta.

Yani, A., & Hasri, R. (2020). Hubungan Panjang Tungkai Dengan Kecepatan Lari 60 Meter Siswa Sekolah Dasar. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2423
Published
2020-10-30
How to Cite
SUSANTO, Ratno. Pembelajaran Lompat Jauh Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 70-79, oct. 2020. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/3287>. Date accessed: 07 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.3287.