Rancangan Alat Bantu Latihan Footwork Bulutangkis Berbasis Teknologi Microcontroller

  • Ngadiman Ngadiman Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Univesritas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Indra Jati Kusuma Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Univesritas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Aziz Wishnu Widhi Nugraha Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Univesritas Jenderal Soedirman Purwokerto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang alat bantu latihan footwork pada permainan bulutangkis berbasis teknologi microcontrolle. Desain penelitian dan pengembangan (research and development) ini  terdiri dari tahapan-tahapan rancangan desain produk, validasi desain, perbaikan desain, pembuatan produk, uji coba produk, revisi produk, serta ujicoba pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat ini dapat berfungsi sebagai alat bantu pelatih untuk memandu atlit dalam melaksanakan latihan footwork. Alat ini akan menampilkan lokasi target yang harus dicapai oleh atlit pada satu saat melalui lampu display. Alat ini dapat dioperasikan baik dalam model manual maupun model otomatis, serta dapat berfungsi sebagai alat ukur tingkat keberhasilan seorang atlit dalam memenuhi target latihan.   Keunggulan  alat bantu ini   adalah mampu   mengukur tingkat keberhasilan atlit dalam menjalani setiap set latihan dan dapat disesuaikan tingkat kesulitan sesuai kebutuhan. Tingkat kesulitah latihan menguunakann alat ini  dapat divariasikan berdasarkan parameter waktu latihan, berdasar jumlah langkah pada setiap set latihan,  atau parameter jarak langkah melalui penempatan lokasi sensor target di lapangan. Setelah melalui uji validitas oleh para pakar (expert judment) dapat disimpulkan bahwa rancangan alat bantu ini dapat digunakan untuk membantu latihan footwork bulutangkis dengan baik. 

References

Asdep Iptek Olahraga. (2010). Panduan Penelitian Pengembangan Prototipe dan Penerapan Rekayasa Iptek Olahraga. Jakarta: Deputi Peningkatan Prestasi dan Iptek Olahraga Kemenegpora.

Franz, K. (2010). The impact of technology on sport. Journal Sport Technology.

Grice, T. (1996). Badminton Step To Success. (terjemahan Eri Desmarini Nasution). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gurmeet, S., & Yogesh. (2010). Technology and badminton. British Journal of Sport Mediicine.

Icuk, F., & Kunta, P. (2002). Total Badminton. Solo: CV Setyaki Eka Anugerah.

Maksum, A. (2012). Metodelogi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Steve, J. H. (2009). The impact of technology on sporting performance in Olympic sports. Journal of Sport Sciences, 27.

Sutrisno, H. (2002). Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2019-10-15
How to Cite
NGADIMAN, Ngadiman; KUSUMA, Indra Jati; WIDHI NUGRAHA, Aziz Wishnu. Rancangan Alat Bantu Latihan Footwork Bulutangkis Berbasis Teknologi Microcontroller. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 91-98, oct. 2019. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/2030>. Date accessed: 26 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2030.