Jurnal Interaksi Sosiologi (JIS) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Sosiologi FISIP UNSOED. Terbit sejak tahun 2002. Tulisan yang dipublikasikan di JIS merupakan hasil penelitian, gagasan konseptual, dan hasil diskusi pada bidang ilmu sosial, khususnya Sosiologi, dan bidang ilmu sosial lainnya yang relevan. Terbit dua kali dalam setahun, April dan Oktober. Saat ini Jurnal Interaksi Sosiologi terindeks di Google Scholar, Onesearch Perpustakaan Nasional Indonesia, dan Garba Rujukan Digital Indonesia.

Current Issue

Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Interaksi Volume 2 Nomor 2 April 2023

Jurnal Interaksi Sosiologi kembali terbit dengan Volume 2 (2) yang seharusnya diterbitkan pada bulan April 2023. Pada terbitan kali ini, Jurnal Interaksi Sosiologi mencoba konsisten dengan menerbitkan 7 artikel yang berasal dari mahasiswa jurusan Sosiologi. Artikel pertama adalah "Representasi Toxic Parents dalam Film What Will People Say (2017) " ditulis oleh Hafiza Ardani. Artikel tersebut berisi kajian semiotika yang tekun dari penulisnya dalam meneliti film "What Will People Say". Artikel kedua adalah "Analisis Isi Kuantitatif Tindak Rasisme dalam Film BlacKkKlansman" yang ditulis Ridho Izha. Dalam artikel tersebut dituliskan hasil penelitian kuantitatif dalam menjelaskan tindakan rasisme dalam film "Blackkklansman". Artikel ketiga adalah "Eksistensi Perempuan Lanjut Usia Pengrajin Anyaman Pandan di Desa Wonorejo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen" yang ditulis oleh Aan Desta. Di dalamya dijelaskan upaya perempuan lanjut usia untuk mempertahankan diri melalui upaya mereka menajdi pengrajin pandan.

Artikel selanjutnya berisi dari upaya-upaya mahasiswa jurusan Sosiologi FISIP Unsoed untuk berlatih menulis ilmiah melalui jurnal ilmiah. Keempat tulisan tersebut berjudul "Interaksi Antara Mahasiswa Islam dan Kristen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)", "Analisis Motivasi Mahasiswa Sosiologi FISIP Unsoed untuk Mengikuti Program MSIB", "Fenomena Flexing dan Fomo di Instagram: Persepsi Generasi Z terhadap Akun Instagram @siscakohl, @zhafiraiha, dan @jeromepolin", "Hubungan Gaya Hidup Dengan Perilaku Konsuntif Fesyen Mahasiswa FISIP Unsoed". Dengan melembagakan kebiasaan menulis pada jurnal ilmiah, diharapkan para mahasiswa Sosiologi Jurusan 2022 menjadi terbiasa dengan praktik sosialnya sebagai mahasiswa ke depan.

Demikian pengantar untuk terbitan kali ini. Semoga Jurnal Interaksi Sosiologi bisa berkomitmen untuk terus terbit dan menerbitkan artikel-artikel ilmiah yang berkualitas.

Salam

Published: 2023-06-27

Jurnal Interaksi Vol. 2 Nomor 2 2023

View All Issues