Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN DI JURNAL INTERAKSI SOSIOLOGI

PRODI SOSIOLOGI FISIP UNSOED

 

 

 

Lingkup Jurnal.  

Tulisan yang dapat dimuat di Jurnal Interaksi Sosiologi (JIS) adalah tulisan yang mengkaji masalah-masalah sosial-humaniora dipandang dari perspektif sosiologi.

 

Jenis Tulisan.

Redaksi JIS menerima  artikel ilmiah berupa hasil penelitian, gagasan  konseptual, resensi buku, dan hasil diskusi untuk keperluan publikasi suatu hasil penelitian yang dipandang penting, dan secara cepat perlu segera diterbitkan. Artikel belum pernah diterbitkan dalam jurnal manapun.

 

Sistematika penulisan artikel hasil penelitian.

  1. Judul artikel (ditulis dengan huruf kapital. Bila ada subjudul, huruf kapital pada subjudul hanya digunakan untuk huruf awal setiap kata, kecuali kata sambung)
  2. Nama penulis (tanpa gelar), asal institusi, alamat email penulis utama.
  3. Abstrak Bahasa Inggris
  4. Abstrak Bahasa Indonesia (maksimal 200 kata)

(abstrak dilengkapi dengan kata kunci sebanyak 3-5 kata)

  1. Pendahuluan (10%), meliputi: latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian.
  2. Kajian Pustaka (20%), berisi deskripsi atau pengembangan teori dan konsep, hasil analisis literatur, review studi terdahulu (bila ada), serta hipotesis (bila ada).
  3. Metode Penelitian (10%), meliputi: penjelasan mengenai objek penelitian, lokasi penelitian (bila ada), teknik pengumpulan data, metode penelitian yang digunakan, sampel, metode analisis data.
  4. Hasil dan pembahasan (45%), berisi deskripsi mengenai hasil penelitian serta analisis hasil penelitian.
  5. Simpulan dan saran (15%).
  6. Daftar Pustaka

Sistematika ini hanya sebagai pedoman umum, penulis dapat mengembangkan sendiri asalkan sepadan dengan pedoman ini.

 

Sistematika penulisan artikel gagasan konseptual 

  1. Judul artikel (ditulis dengan huruf kapital. Bila ada subjudul, huruf kapital pada subjudul hanya digunakan untuk huruf awal setiap kata, kecuali kata sambung)
  2. Nama penulis (tanpa gelar), asal institusi, alamat email penulis utama.
  3. Abstrak Bahasa Inggris
  4. Abstrak Bahasa Indonesia (maksimal 200 kata)

(abstrak dilengkapi dengan kata kunci sebanyak 3-5 kata)

  1. Pendahuluan (10%), meliputi: latar belakang, perumusan masalah, tujuan penulisan.
  2. Kajian Pustaka (20%), berisi deskripsi atau pengembangan teori dan konsep, hasil analisis literatur.
  3. Pembahasan (60%), berisi deskripsi mengenai hasil penelitian serta analisis hasil penelitian.
  4. Simpulan dan saran (10%).
  5. Daftar Pustaka

 

Sistematika artikel resensi buku

  1. Judul Buku
  2. Deskripsi buku, meliputi:
  3. Judul buku
  4. Penulis (atau nama editor)
  5. Judul asli dan penerjemah (untuk buku terjemahan)
  6. Penerbit
  7. Jumlah halaman, termasuk halaman romawi.
  8. Ulasan mengenai isi buku, keunikan (kelebihan), serta kelemahan buku. Penulis juga dapat membandingkannya dengan buku lain yang memiliki tema yang sama.

 

Pedoman umum:

  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan memerhatikan kaidah sesuai Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Penggunaan dan penulisan istilah asing, disesuaikan dengan aturan yang berlalu yang dapat diunduh di http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/lamanv42/.
  2. Setiap penulis tidak diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu naskah dalam bentuk tulisan apa pun, baik secara individu atau dalam kelompokuntuk satu edisi yang sama.
  3. Naskah diketik pada kertas kuarto (A4) satu kolomdengan margin 4433, diketik menggunakan fontasi Times New Roman 12, 1,5 spasi (kecuali abstrak, 1 spasi). Nomor halaman terletak di kanan atas naskah.
  4. Panjang artikel antara 10 sampai 15 halaman. Untuk resensi buku, panjang tulisan antara 6-10 halaman.
  5. Tabel dan gambar harus diberi nomor dan judul lengkap, disertai sumbernya.
  6. Setiap kutipan harus dituliskan sumbernya menggunakan bodynote dengan menuliskan nama-belakang penulis dan tahun (tanpa nomor halaman). Footnote hanya digunakan apabila ada informasi penjelas dalam artikel, bukan untuk menuliskan sumber kutipan.
  7. Daftar pustaka diurutkan secara alphabetisdan hanya memuat pustaka yang benar-benar dikutip dalam tulisan. Format penulisan daftar pustaka:

Buku teks:

Haralambos dan Holborn. 2004. Sociology: Themes and Perspectives Sixth Edition. Harper Collins Publisher, London.

Buku kumpulan tulisan:

Bourdieu, Pierre. 2004. “The Forms of Capital”, The Routledge Falmer Reader in Sociology of Education. Stephen J. Ball (ed.). The Routledge Falmer, London.

Buku terjemahan:

Freire, Paulo. 2002. Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta (diterjemahkan dari The Politics of Education: Culture, Power and Liberation oleh Fuad).

Literatur dari jurnal:

Singh, Rajendra. 2002. Teori-teori Gerakan Sosial Baru, dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Transformatif Wacana, edisi 11, tahun III. Insist, Yogyakarta.

Literatur dari internet:

Haryatmoko. 2008. Sekolah: Untuk Semua atau Alat Seleksi Sosial? Reproduksi Kesenjangan Sosial Lewat Sekolah Perspektif Pierre Bourdieu, situs: http://sosiologi.fisipol.ugm.ac.id/handoutseminar/haryatmoko.doc. diakses tanggal 1 September 2009

  1. Naskah dikirim dalam format word (docatau docx) melalui email ke: JISUNSOED@GMAIL.COM, dengan dilampiri curriculum vitae penulis yang berisikan nama lengkap, alamat (rumah dan kantor), nomor telepon atau handphone yang dapat dihubungi, riwayat pendidikan, aktivitas, dan kegiatan yang sedang dijalani, dan lain-lain. 
  2. Apabila naskah dinyatakan layak untuk diterbitkan, penulis akan dihubungi redaksi dan harus segera mengirimkan surat pernyataan yang menyatakan bahwa tulisan tersebut belum pernah diterbitkan dalam jurnal apapun dan bebas dari unsur plagiasi. Surat ditandatangani di atas materi Rp 3000.00.
  3. Redaksi berhak melakukan editing terhadap semua tulisan yang dikirim tanpa mengurangi makna tulisan.
  4. JI terbit 2 kali setahun (Juni dan Desember), dan memuat 10 artikel untuk setiap edisi. Penulis yang artikelnya dimuat dalam JI, akan mendapatkan 1 eksemplar JI per orang. Artikel juga akan diunggah di web JI sehingga dapat dibaca secara online.