“CANTIK” Ala Beauty Vlogger (Analisa Representasi Cantik dalam Konten Youtube Tasya Farasya)

  • Retno Fitriyana
  • Masrukin Masrukin
  • Tri Wuryaningsih

Abstract

ABSTRAK


Artikel ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana youtube sebagai bentuk sosial media baru dalam membentuk konstruksi kecantikan. Secara spesifik media yang digunakan adalah kanal youtube milik Tasya Farasya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode tersebut digunakan untuk membaca konten dalam kanal youtube Tasya Farasya. Selain kualitatif, cara pembacaan Roland Barthes juga digunakan untuk membaca tanda dalam konten-konten youtube tersebut. Temuan dari artikel ini adalah bahwa perempuan cantik adalah perempuan yang menggunakan make up yang tepat dan bahwa tuntutan tersebut membawa perempuan menjadi konsumtif


Kata kunci: Youtube, Konstruksi kecantikan, Youtuber


 


ABSTRACT


This article aims to reveal how YouTube as a new form of social media shapes the construction of beauty. Specifically, the media used is Tasya Farasya's YouTube channel. The method used is descriptive qualitative. This method is used to read content on the Tasya Farasya YouTube channel. Apart from being qualitative, Roland Barthes' reading method is also used to read the signs in the YouTube content. The findings of this article are that beautiful women are women who use the right make-up and that these demands make women consumptive


Keywords: Youtube, Beauty Construction, Youtuber

References

Barker, Chris. 2011, Cultural Studies. Kreasi Wacana: Bantul.
Barron, dan Donn. 1991, Social Psychology Understanding Human Interaction. Allyn dan Bacon : Boston.
Baudrillard, Jean. 1994, The Procession of Simulacra. Simulacra dan Simulation. The Univercity of Michigan Press: United States of America.
Creswell, John W. 2013, Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Method. Edisi ke-3. Pustaka Pelajar: Yogayakarta.
Doyle Paul Johnson. 1986, Teori Sosiologi Klasik dan Modern.PT Gramedia: Jakarta.
Febriana, Mitha/Pengaruh Online Consumer ReviewOleh Beauty vloggerTerhadap KeputusanPembelian/Jurnal Administrasi Bisnis (Jab)/2018/Vol. 58 No. 1/Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id
Fischer.2014. Make up, Youtube and Ameteur Media in the the Twenty-First Century. Universitas of Calgary
Hoed, Benny H. 2014, Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Komunitas Bambu : Depok.
Koentjoroningrat. 2009, Pengantar Ilmu Antropologi. PT Rineka Cipta: Jakarta.
Kurniawan, Yovi Dwi 2022, Semiotika Roland Barthes Dalam Menganalisis Representasi Tubuh Ideal (Studi Kasus Channel Youtube Deddy Corbuzier). Jurnal Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (Unesa)
Mangkunegara.2005, Manajemen Sumber daya Manusia. Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Margaretha, Selu. 2001, Hiperrealitas dan Ruang Publik. Penaku : Jakarta.
Moleong, Lexy J. 2007, Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakary: Bandung.
Nasrullah, Rulli. 2016, Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Kencana Prenadamedia Group : Jakarta.
Nurdiana, Ayu dan Nurma Yuwita. 2022, Representasi Kecantikan Dalam Media Sosial (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Video Tutorial MakeUp Beauty Vlogger Tasya Farasya Di Youtube). Jurnal Komunikasi dan Penyaiaran Islam (Agama Islam Sunan Kalijaga Malang) Vol. 3 No. 1
Poerwardarminta. 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta
Poloma, Margaret M. 2007, Sosiologi Kontemporer.PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Raho, Bernard. 2007, Teori Sosiologi Modern.Prestasi Pustaka: Jakarta.
Ritzer, George dan Douglas J.Goodman. 2014, Teori Sosiologi dari Teori Sosiologi Klasik sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Posmodern. Kreasi Wacana : Yogyakarta.
Robinson, Philip. 1986. Beberapa Perspektif Sosiologi Pendidikan. Rajawali : Jakarta.
Rumondang.2018, Pengaruh Youtube Beauty vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 63 No. 1
Setiadi, Elly M dan Usman Kolip. 2010, Pengantar Sosiologi. Kencna Media Grup: Jakarta.
Soenarto, Kamanto. 1993, Pengantar Sosiologi. Lemabaga Penerbit FE UI : Jakarta.
Tambunan, Tulus. 2001, Perekonomian Indonesia: Teori dan Temuan Empiris. Ghalia Indonesia: Jakarta
Wardhani. 2009, Riset Sumber Daya Manusia. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Wulan. 2017, Pengaruh Beauty vlogger Terhadap Source Characteristics Serta Dampaknya Terhadap Purchase Intention. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)Vol. 47 No.1.
Published
2023-03-14
How to Cite
FITRIYANA, Retno; MASRUKIN, Masrukin; WURYANINGSIH, Tri. “CANTIK” Ala Beauty Vlogger (Analisa Representasi Cantik dalam Konten Youtube Tasya Farasya). Jurnal Interaksi Sosiologi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 49-59, mar. 2023. ISSN 1412-7229. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jis/article/view/8288>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.2504/jis.v1i2.8288.
Section
Jurnal Interaksi Nomor 1 Volume 2 2022 (Back Issue April 2022)