• Jurnal Interaksi Volume 1 Nomor 1 2021
    Vol 1 No 1 (2021)

    Setelah beberapa lama tidak terbit karena berbagai kendala, di tahun 2022 ini Jurnal Interaksi yang kini menjadi Jurnal Interaksi Sosiologi (JIS) berusaha bangkit kembali melalui terbitnya Volume 1 No. 1, September 2021. Penerbitan yang direncanakan tepat waktu ini, pada akhirnya juga mengalami keterlambatan karena kendala-kendala tersebut. Meski demikian, tim editor berusaha menyajikan naskah naskah dengan topik-topik yang menarik dan layak diketahui pembaca. Untuk itu, pada terbitan kali ini tersaji tujuh tulisan yang merupakan hasil penelitian dengan berbagai metode mulai dari studi lapangan hingga kajian pustaka. Topik-topik yang tersaji ini, jika ditarik benang merahnya meliputi setidaknya tiga masalah utama. Pertama, tulisan yang membahas persoalan politik dan ekonomi seperti pada topik mengenai gerakan diskriminasi masyarakat sipil kulit hitam Amerika, pemaknaan komunisme oleh mahasiswa, pembentukan modal sosial dan kepentingan ekonomi politik negara, serta tentang ketergantungan masyarakat terhadap rentenir. Kedua adalah yang menjelaskan tentang pendidikan pada masyarakat terpinggirkan sebagaimana tampak dari artikel berjudul “Rumah Langit: Harapan Pendidikan Anak Marginal”. Ketiga, topik yang berkaitan dengan keluarga seperti pada artikel yang berbicara tentang lansia dan pemahaman seksualitas anak.

    Tidak perlu kami berpanjang kata untuk mengomentari isi dari tulisan-tulisan tersebut. Semua kami serahkan kepada pembaca untuk menyimpulkan makna yang bisa dipetik dari dalamnya. Kami hanya berharap tulisan-tulisan yang diramu dalam terbitan edisi ini dapat memberi inspirasi ke arah kehidupan masyarakat yang lebih baik.

  • Jurnal Interaksi Jurusan Sosiologi Fisip Unsoed
    Vol 3 No 12 (2019)

    Jurnal Interaksi merupakan Jurnal pada Jurusan Sosiologi FISIP Unsoed. Setelah vakum selama hampir 5 tahun, jurnal ini kembali terbit dalam bentuk cetak maupun digital. Jurnal interaksi akan menyajikan tulisan/artikel dengan perspektif sosiologis yang berasal dari penelitian Dosen/Mahasiswa. 

1 - 2 of 2 items