PERBEDAAN ASUPAN ENERGI, ZAT GIZI MAKRO DAN STATUS GIZI BADUTA YANG MENGONSUMSI SUSU FORMULA DAN ASI EKSKLUSIF DI KELURAHAN CIMUNING

  • Rhanum Darmayanti PERSAGI
  • Lintang Purwara Dewanti Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Laras Sitoayu Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Rachmanida Nuzrina Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan Asupan Energi, zat gizi makro dan status gizi pada baduta (6-24 bulan) yang mengonsumsi susu formula dan ASI eksklusif di kelurahan Cimuning Kota Bekasi. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian yaitu observasional dengan pendekatan cross sectional dimana observasi untuk variabel independent dan dependent yang diteliti dalam waktu bersamaan. Populasi berjumlah 1027 orang dengan sampel 80 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode sistematic random sampling. Instrument yang digunakan adalah timbangan berat badan dan tinggi badan, lembar formulir food recall. Analisis data menggunakan uji statistic Uji T-test Independen pada Variabel asupan Energi, Lemak dan Karbohidrat karena berdistribusi normal. Untuk data yang tidak terdistribusi normal yaitu Asupan Protein dan Status Gizi menggunakan uji non-parametrik Mann-Whitney dengan p = 0,05. Dan didapatkan hasil bahwa  ada perbedaan Asupan Energi, Karbohidrat, Lemak pada Baduta yang konsumsi Susu Formula dan ASI eksklusif. Tidak ada perbedaan Asupan Protein dan Status Gizi Baduta yang konsumsi Susu Formula dan ASI eksklusif. Melalui penelitian ini diharapkan ibu baduta lebih memilih untuk memberikan ASI eksklusif kepada baduta nya dibandingkan dengan Susu Formula.

Published
2021-05-19
How to Cite
DARMAYANTI, Rhanum et al. PERBEDAAN ASUPAN ENERGI, ZAT GIZI MAKRO DAN STATUS GIZI BADUTA YANG MENGONSUMSI SUSU FORMULA DAN ASI EKSKLUSIF DI KELURAHAN CIMUNING. Jurnal Gizi dan Pangan Soedirman, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 105-121, may 2021. ISSN 2599-2465. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jgps/article/view/4040>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.jgipas.2021.5.1.4040.