KEBIASAAN KONSUMSI IKAN LAUT, TINGKAT KONSUMSI, STATUS GIZI, DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH PANTAI DAN BUKAN PANTAI

  • Farida Soeparman prodi gizi unsoed

Abstract

Ikan laut adalah sumber protein hewani yang penting dalam pertumbuhan fisik dan perkembangan mental pada anak sekolah. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mempelajari kebiasaan konsumsi ikan laut pada anak sekolah dasar di daerah pantai dan bukan pantai, tingkat kecukupan energi dan protein, status gizi, dan prestasi belajarnya. Penelitian dilakukan pada bulan Juni-Juli 2012 dengan desain cross sectional dan berlokasi di dua sekolah dasar yaitu SD Negeri 03 Kota Karang, Pulau Pasaran, Lampung, yang mewakili daerah pantai, dan SD Negeri Ciaruteun Ilir 01, Ciaruteun Ilir, Bogor, sebagai perwakilan dari daerah bukan pantai. Subyek dari penelitian adalah kelas 5 dari dua sekolah dasar, masing-masing berjumlah 27 siswa sehingga jumlah keseluruhan subyek adalah 54 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara daerah pantai dan bukan pantai yang ditunjukkan dengan frekuensi dan jumlah konsumsi ikan laut di daerah pantai lebih tinggi dibanding daerah bukan pantai. Demikian pula dengan tingkat kecukupan energi dan protein.  Status gizi dan prestasi belajar di daerah pantai lebih baik dibanding daerah bukan pantai. Frekuensi konsumsi ikan laut berkorelasi dengan tingkat konsumsi energi dan protein. Tingkat kecukupan energi dan protein berkorelasi dengan status gizi IMT/U dan LILA. Tingkat kecukupan energi juga berkorelasi dengan prestasi belajar.

Published
2019-03-08
How to Cite
SOEPARMAN, Farida. KEBIASAAN KONSUMSI IKAN LAUT, TINGKAT KONSUMSI, STATUS GIZI, DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH PANTAI DAN BUKAN PANTAI. Jurnal Gizi dan Pangan Soedirman, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-15, mar. 2019. ISSN 2599-2465. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jgps/article/view/1360>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.jgps.2018.2.2.1360.