ANALISIS ISI ADEGAN KEKERASAN KARTUN LARVA EPISODE LARVA-ISLAND NIGHTMARE (STORM DRAIN, HOUSE, NEW YORK)

  • lely rara renaningtyas Universitas Negeri Malang
  • riska ayu setyowati
  • taufik afip atarik

Abstract

Seiring dalam perkembangan waktu, dunia pertelevisian Indonesia berupaya untuk terus-menerus berinovasi, menghadirkan program baru yang yang paling menarik sehingga mampu membuat penonton berlama-lama di depan televisi untuk menonton acara favorit mereka. Namun, penonton cenderung tidak menyadari bahwa program yang mereka tonton bermanfaat atau menyesatkan. Mencermati hal tersebut menimbulkan keresahan bahwa di masa depan akan ada program baru yang mungkin mengandung unsur kekerasan. Ketika unsur kekerasan ini muncul, maka berdampak negatif pada penonton program tersebut. Untuk itu, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis adegan kekerasan pada serial kartun Larva. Apakah di dalam kartun tersebut didominasi unsur (adegan) kekerasan atau sebaliknya. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode analisis isi. Untuk menguji reliabilitasnya dilakukan oleh 2 pengkoder. Peneliti menggunakan formula Holsti untuk mengukur tingkat adegan kekerasan dalam kartun tersebut. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa pada serial kartun Larva episode Larva-Island Nightmare (Season 1–Storm Drain, Season 2-House, Dan Season 3-New York) menunjukkan kekerasan fisik dalam serial Kartun Larva telah disepakati kedua pengkoder menunjukan angka 0,99 atau 99% dan presentase kekerasan psikologis menunjukkan angka 0,96 atau 96%. Hasil perhitungan ini menunjukan sebuah hasil yang reliable.


Kata Kunci: Analisis Isi, Larva, Adegan Kekerasan

Published
2022-04-22
How to Cite
RENANINGTYAS, lely rara; SETYOWATI, riska ayu; ATARIK, taufik afip. ANALISIS ISI ADEGAN KEKERASAN KARTUN LARVA EPISODE LARVA-ISLAND NIGHTMARE (STORM DRAIN, HOUSE, NEW YORK). Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 18, n. 1, apr. 2022. ISSN 2620-6676. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/5195>. Date accessed: 06 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2022.18.1.5195.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.