GERAKAN MASYARAKAT SAMIN TERHADAP RENCANA PEMBANGUNAN PABRIK SEMEN (ANALISIS SEMIOTIK JOHN FISKE DALAM FILM “SAMIN VS SEMEN”)

  • Pramana Herjati Putra Dionchi Universitas Negeri Malang
  • Hasna Barara M Universitas Negeri Malang
  • Destria Sibarani Universitas Negeri Semarang
  • Zahra Nabila Luthfianisasa Universitas Negeri Semarang
  • Dina Puspa Ringga Universitas Negeri Semarang
  • Didi Pramono Universitas Negeri Semarang

Abstract

Kaum Subaltern merupakan sebutan untuk sesuatu hal yang memiliki keterbatasan akses , dengan kata lain adanya kaum ini dikarenakan adanya proses terpinggirkannya dari segala kemajuan yang berada di sekitar lingkungannya. Seperti halnya masyarakat Samin yang merupakan masyarakat dengan kearifan lokalnya yang  terpinggirkan oleh derasnya arus globalisasi. Penelitian ini ditujukan untuk dapat menganalisis hal- hal yang melatarbelakangi masyarakat Samin sebagai kaum subaltern dan bagaimana perjuangan kaum subaltern untuk menyuarakan suaranya dalam film documenter “Samin vs Semen” . Dalam penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan proses analisisnya menggabungkan teori ilmu komunikasi dan juga teori sosiologi , Dimana penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori analisi semiotika John Fiske yang menggunakan tiga level realitas , representasi , dan ideologi . Setelah itu mengidentifikasi hasil analisis dengan teori Subaltern  milik Gayatri Spivak. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa di film “Samin vs Semen” terlihat dan teridentifikasi bahwa Masyarakat Samin merupakan kaum Subaltern ¸ Karena mereka adalah masyarakat asli yang terpinggirkan karena adanya pembangunan pabrik semen di daerah tempat tinggal mereka sendiri yaitu di pegunungan  Kendeng , Jawa Tengah . Selain itu , masyarakat Samin (Subaltern) ikut aktif dalam menyuarakan penolakan pabrik semen.

References

Afifudin, A. A. (2018). Mengenal Lebih Dekat Sedulur Sikep. Kabarkampus.Com. https://kabarkampus.com/2018/12/mengenal-lebih-dekat-sedulur-sikep/
Alamsyah, A. (2015). Eksistensi Dan Nilai-Nilai Kearifan Komunitas Samin Di Kudus Dan Pati.
Aziz, M. (2012). Identitas Kaum Samin Pasca Kolonia. Kawistara, 2(3), 225–328.
Humanika, 21(1), 63. https://doi.org/10.14710/humanika.21.1.63-74
Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.
Kasus di Dukuh Mbombong Desa Baturejo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah). POLITIKA: Jurnal Ilmu Politik, 4(1), 69–79.
Lestari, I. P. (2013). Interaksi sosial komunitas Samin dengan masyarakat sekitar. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture, 5(1).
Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika Dan Media Massa PEKOMMAS, 16(1), 10.
MUNADI, M. (2014). BUDAYA POLITIK MASYARAKAT SAMIN (SEDULURSIKEP)
Saputri, N. F. (2019). Dominasi Penjajah terhadap Subaltern dalam Novel Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer (Suatu Pendekatan Poskolonial Gayatri C. Spivak). Universitas Negeri Makassar.
Setiawan, F. N. (2015). Hegemoni dan Dominasi Perusahaan Semen terhadap Penduduk di Wilayah Pembangunan Pabrik Semen dalam Samin Vs Semen. Jurnal Unimus, 39– 53.
Subekti, T. (2016). Konflik Samin vs PT. Semen Indonesia. Jurnal Transformative, 2(2), 189–202. https://transformative.ub.ac.id/index.php/jtr/article/view/136
Sudarto, A. D., Rembang, M., & Senduk, J. (2015). Analisis Semiotika Film “Alangkah Lucunya Negeri Ini.” Acta Diurna, IV (1), 2.
Utomo, K. D., Jupriono, J., & Ayodya, B. P. (2018). FILM DOKUMENTER GERAKAN MEREKAM KOTA KARYA GRESIK MOVIE: TELAAH SEMIOTIKA JOHN FISKE. Jurnal Representamen, 4(02).
Watchdoc Image. (2015, Maret 04 ). Samin vs Semen (Full Movie) [Video]. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=1fJuJ28WZ_Q
Yuniandrianto, R. (2016). Perjuangan Perempuan dalam Film “Samin Vs Semen.” Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Published
2022-04-22
How to Cite
DIONCHI, Pramana Herjati Putra et al. GERAKAN MASYARAKAT SAMIN TERHADAP RENCANA PEMBANGUNAN PABRIK SEMEN (ANALISIS SEMIOTIK JOHN FISKE DALAM FILM “SAMIN VS SEMEN”). Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 18, n. 1, apr. 2022. ISSN 2620-6676. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/5152>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2022.18.1.5152.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.