Kampanye Melalui Youtube Sebagai Solusi untuk Melestarikan Kesenian Lengger Lanang

  • Prasetyo Punto Wicaksono Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Lengger Lanang merupakan salah satu kesenian tradisional yang berasal dari Kabupaten Banyumas. Kesenian ini lahir dari tradisi pemujaan terhadap Dewi Kesuburuan dan sudah terus dipraktikkan hingga kini. Tarian Lengger Lanang hanya dilakukan oleh laki-laki namun mereka berpakaian dan berdandan sebagai perempuan. Saat ini banyak orang yang tidak mengetahui sejarah dan makna dari tari Lengger Lanang sehingga semakin sedikit peminat yang ingin melestarikan kesenian tari Lengger Lanang. Di Zaman serba modern seperti ini banyak cara untuk mempromosikan sebuah pertunjukan, tak terkecuali kesenian tari Lengger Lanang. Penggunaan media sosial yang digunakan mencari informasi, berbagi informasi, hiburan, relaksasi, dan interaksi sosial dapat dimanfaat sebagai sarana untuk mempromosikan dan memperkenalkan kesenian tari Lengger Lanang. Penelitian ini menggunakan penetilian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang didapat diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara sehingga dapat ditemukan beberapa informasi yang dapat disatukan dengan literatur yang sudah ada. Hasil dari penelitian ini berhasilnya kampanye promosi tari Lengger Lanang menggunakan media audio-visual sehingga menarik peminat penonton terutama kalangan anak muda.


Kata Kunci : Lengger Lanang, Diskriminasi, Kampanye, Promosi, Media Sosial.

Published
2022-04-22
How to Cite
WICAKSONO, Prasetyo Punto. Kampanye Melalui Youtube Sebagai Solusi untuk Melestarikan Kesenian Lengger Lanang. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 18, n. 1, apr. 2022. ISSN 2620-6676. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/4111>. Date accessed: 06 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2022.18.1.4111.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.