city branding, media sosial City Branding Pariwisata dalam Media Sosial

  • Tikka Muslimah Universitas Padjajaran

Abstract

Semakin meningkatnya teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan oleh sebuah kota atau wilayah untuk melakukan aktivitas city branding. Salah satunya yaitu pemanfaatan media sosial yang dapat menjadi peluang sebagai media penyebaran pesan city branding. Pesan city branding yang disampaikan dapat membentuk identitas sebuah kota serta menciptakan citra yang ingin disampaikan kepada publik. Upaya city branding yang dilakukan terutama untuk kepentingan pariwisata yaitu menarik pengunjung atau wisatawan sehingga berdampak positif terhadap perekonomian daerah.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial dalam city branding untuk meningkatkan pariwisata. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode literature review. Hasil penelitian menunjukan media sosial yang paling banyak digunakan dalam aktivitas city branding pariwisata adalah instagram. Media sosial menjadi pilihan media dalam aktivitas city branding pariwisata karena dianggap praktis, memiliki biaya yang terjangkau serta mampu menjangkau khalayak banyak. Media sosial dianggap cukup efektif dalam meningkatkan pariwisata  di beberapa kota atau wilayah. Media sosial juga mampu memperkenalkan identitas sebuah kota seperti tagline yang khusus diciptakan untuk menggambarkan sebuah kota atau wilayah. Namun juga terdapat kegagalan karena kurangnya pengelolaan media digital yang digunakan. Sehingga diharapkan perlu pengelolaan yang lebih serius dan dukungan dari berbagai pihak dalam memanfaatkan media sosial dalam city branding untuk meningkatkan pariwisata.


Kata Kunci: city branding; media sosial; pariwisata; identitas, digital

Published
2021-10-25
How to Cite
MUSLIMAH, Tikka. city branding, media sosial City Branding Pariwisata dalam Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 17, n. 2, oct. 2021. ISSN 2620-6676. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/4087>. Date accessed: 01 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2021.17.2.4087.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.