BINGKAI MEDIA TERHADAP BERITA KOMUNIKASI PEMERINTAH DI PANDEMI COVID-19

  • Sukma Alam Universitas Budi Luhur

Abstract

ABSTRAK


Keberhasilan penanganan Covid-19 di suatu negara salah satunya tercermin dari kemampuan pemerintah dalam berkomunikasi ke masyarakat. Di Indonesia, isu komunikasi pemerintah merupakan topik yang sedang hangat dibincangkan bukan hanya dilihat dari sektor kesehatan saja tetapi juga mengandung kosekuensi politik dan ekonomi sangat besar. Pemberitaan tentang komunikasi pemerintah di pandemi Covid-19 menjadi sorotan publik. Sebab, komunikasi pemerintah tidak berjalan maksimal, cenderung tidak merespons dan abai terhadap virus corona. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pembingkaian (framing) komunikasi pemerintah dalam berita detik.com, kompas.com dan kumparan.com dan untuk mengetahui penonjolan dan seleksi isu dalam berita komunikasi pemerintah di pandemi Covid-19 yang dilakukan detik.com, kompas.com dan kumparan.com. Metode yang digunakan penelitian ini adalah analisis framing Robert M. Entman. Hasil penelitian ini adalah ditemukan perbedaan pembingkaian dalam berita yang dimunculkan oleh detik.com membingkai komunikasi pemerintah sebagai permasalahan serius, kompas.com membingkai komunikasi pemerintah sebagai isu krusial dan kumparan.com membingkai isu komunikasi pemerintah dari aspek politik. Sementara dari aspek seleksi isu, detik.com lebih kepada permasalahan yang berdampak langsung terhadap masyarakat, kompas.com lebih kepada permasalahan komunikasi pemerintah dan kumparan.com lebih kepada permasalahan juru bicara. Kemudian aspek penonjolan, detik.com cenderung menonjolkan diksi berkonotasi dan narasumber kritis, kompas.com lebih menonjolkan kritikan membangun dan kumparan.com cenderung menyudutkan pemerintah.


 


Kata Kunci: Framing, Berita Komunikasi Pemerintah, Covid-19


 


ABSTRACT


One of the successful handling of Covid-19 in one country is the government's ability to communicate with the public. In Indonesia, the issue of government communication is a hot topic discussed not only from the health sector but also contains enormous political and economic problems. The news about government communications in Covid-19 pandemic became the public spotlight. Therefore, government communication is not running optimally and ignores corona virus. This research aims to study to find out the framing of government communication in detik.com, kompas.com and kumparan.com news and to study the highlighting and selection of issues in government communication news in Covid-19 pandemic conducted detik.com, kompas.com and kumparan.com. The method used in this research is Robert M. Entman's framing analysis. The results of this study are finding framing in the news that was raised by detik.com framing government communication as serious, kompas.com framing government communication as a crucial issue and kumparan.com framing government communication issues in political terms. While from the aspect of issue selection, detik.com is more a challenge that is directly related to the community, kompas.com is more about the problem of government communication and kumparan.com Criticism builds and kumparan.com further corners the government.


 


Keywords: Framing, Government Communication News, Covid-19

Published
2021-04-27
How to Cite
ALAM, Sukma. BINGKAI MEDIA TERHADAP BERITA KOMUNIKASI PEMERINTAH DI PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 17, n. 1, apr. 2021. ISSN 2620-6676. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/3695>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2021.17.1.3695.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.