Makna Komunikasi di Balik Makanan Tradisional

  • chusmeru chusmeru

Abstract

Indonesia memiliki beragam makanan tradisional yang khas di berbagai daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam makanan tradisional di Indonesia dan makna komunikasi di balik makanan tradisional tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kulatitatif  dengan informan mahasiswa yang dipilih dengan teknik purporsive sampling. Pemilihan informan didasarkan pada asal daerah mahasiswa yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.


            Hasil penelitian menjukkan, bahwa meskipun makanan import banyak terdapat di Indonesia, namun makanan tradisional berbagai daerah masih dapat ditemui dan tidak ditinggalkan oleh masyarakat. Makanan tradisional berbagai daerah masih bisa bertahan, karena memiliki makna komunikasi di masayarakat. Makna yang terdapat di balik makanan tradisional adalah sebagai bagian dari ritual siklus kehidupan, simbol persaudaraan, serta akulturasi dua budaya yang berbeda.

Published
2020-07-02
How to Cite
CHUSMERU, chusmeru. Makna Komunikasi di Balik Makanan Tradisional. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 16, n. 1, july 2020. ISSN 2620-6676. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/2338>. Date accessed: 11 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2020.16.1.2338.
Section
Articles