STRATEGI KOMUNIKASI PERHIMPUNAN BATIK INDONESIA SOKARAJA DALAM MEMBANGUN CITRA “KAMPUNG BATIK SOKARAJA”

  • Sabrina Sesa Trifosa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Lina Sinatra Wijaya Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui strategi komunikasi dan peran yang dilakukan oleh Perhimpunan Batik Indonesia (PERBAIN) Sokaraja dalam membangun citra “Kampung Batik Sokaraja”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kampung Batik Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan   data   kepustakaan.   Strategi   yang   diterapkan   Perhimpunan   Batik   Indonesia (PERBAIN) Sokaraja dalam membangun citra Kampung Batik Sokaraja yakni mengadakan workshop pelatihan kepada pengrajin batik dan masyarakat sekitar, merencanakan program jangka pendek dan panjang seperti mengadakan diskusi dan pengarahan, meluncurkan program inovasi batik, menjadikan kampung batik Sokaraja sebagai  tempat  wisata  batik.  Perhimpunan  Batik  Indonesia  (PERBAIN)  Sokaraja berperan sebagai communication technician dengan menyediakan layanan website dan Instagram untuk mengenalkan Kampung Batik Sokaraja, lalu sebagai expert preciber dalam   memberdayakan   Kampung   Batik   Sokaraja   sebagai   peningkatan   ekonomi, kemudian sebagai communication facilitator dalam menggerakkan masyarakat untuk melestarikan  batik  Sokaraja,  dan  sebagai  problem  solver  dengan  membentuk  forum curhat bisnis.

Published
2019-10-31
How to Cite
TRIFOSA, Sabrina Sesa; WIJAYA, Lina Sinatra. STRATEGI KOMUNIKASI PERHIMPUNAN BATIK INDONESIA SOKARAJA DALAM MEMBANGUN CITRA “KAMPUNG BATIK SOKARAJA”. Journal Acta Diurna, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 119 - 129, oct. 2019. ISSN 1412-6443. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/2136>. Date accessed: 25 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2019.15.2.2136.
Section
Articles